Tracer Alumni Kimia

Alumni Kimi silahkan isi More »

 

Rapat Program Studi Kimia

Rabu, 18 Juli 2018 Progam Studi Kimia mengadakan rapat di Ruang Sidang Utama FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Rapat dibuka oleh ketua program studi Drs. Dede Sukandar, M.Si dan dihadiri oleh seluruh dosen, PLP serta perwakilan mahasiswa. Agenda rapat membahas:

  1. Persiapan kegiatan Chemistry in Village yang akan dilaksanakan Tanjung Pasir Kabupaten Tangerang
  2. Persiapan praktikum semester ganjil tahun ajaran 2018-2019
  3. Laporan mingguan aktivitas Jurnal Kimia Valensi

 

Dosen Program Studi Kimia Mengikuti Annual Meeting of MIPAnet di Unpati Ambon

Sejumlah dosen Program Studi Kimia FST UIN Jakarta mengikuti acara International Conference on Basic Science 2018 dan Annuel Meeting of MIPAnet yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pattimura Ambon pada tanggal 12-13 Juli 2018. Acara ini selain diikuti oleh dosen Prodi Kimia, juga prodi lain seperti Biologi dan Matematika mengikuti acara tersebut. Dekan, Wakil dekan II dan Wakil Dekan III FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga turut hadir dalam acara tersebut. Pada kegiatan Conference Ketua Proram Studi Kimia Drs. Dede Sukandar, M.Si turut berpartisipasi sebagai pemakalah oral.

Keluarga Besar Program Studi Kimia Mengadakan Acara Halal bi Halal

Untuk menyambung silaturahmi dan tasyakur bi nikmah setelah berpuasa dan libur lebaran, Keluarga besar Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan halal bi halal yang bertempat di  Restauran Pulau Situ Gintung Ciputat pada tanggal 4 Juli 2018. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh dosen, staf, dan laboran program studi kimia.

 

Program Studi Kimia Melaksanakan Kunjungan Industri ke PT. Triple Ace Corporation

Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan kunjungan ke industri pembuatan sabun, pasta gigi dan kosmetika, yaitu PT. Triple Ace Corporation yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 44 mahasiswa dari semester 4 ini bertujuan menambah wawasan mahasiswa dalam proses produksi kimia. Kegiatan yang dimotori oleh departemen Ristek kementrian Pendidikan Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) FST UIN Syarif Hidayatullah dibimbing oleh beberapa dosen program studi Kimia, diantaranya Dr. Sandra Hermanto, M.Si, Dr. Siti Nurbayti, M.Si dan La Ode Sumarlin, M.Si. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diagendakan.

 

Program Studi Kimia Kunjungi PT. Chandra Asri Petrochemical, Tbk

Selasa, 8 Mei 2018, Mahasiswa Program Studi Kimia FST UIN Jakarta semester 6 dan sebagian semester 4 melakukan kunjungan industri ke PT. Chandra Asri Petrochemical, Tbk yang berlokasi di Kawasan Industri Cilegon Banten. Kegiatan ini bertujuan menambah wawasan mahasiswa dalam proses produksi kimia. Kegiatan yang dimotori oleh  Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) FST UIN Syarif Hidayatullah dibimbing oleh Nurmaya Arofah, M.Eng., Tarso Rudiana, M.Si dan Adawiah, S.Si berjalan dengan lancar.

Olymipad of Chemistry UIN (OLEFIN)

Kegiatan OLEFIN (Olympiad Of Chemistry UIN) telah dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 28 April 2018, dihadiri oleh anggota Himpunan Mahasiswa Kimia yang masuk kedalam kepanitiaan dan juga beberapa alumni HIMKA serta dihadiri oleh peserta olimpiade yang didampingi oleh pembimbing dan orangtua murid peserta olimpiade. Acara yang diselenggarakan di Teater lt.2 FST ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Akademik dibawah Kementrian Pendidikan HIMKA yang salah satu tujuannya untuk memperkenalkan program studi kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. OLEFIN atau Olimpiade Kimia dilaksanakan selama 1 hari. Diawali dengan pemberangkatan peserta dari wilayah atau sekolah masing-masing, yang kemudian dilanjutkan dengan pengisian soal-soal babak penyisihan, dilanjutkan dengan pengisian soal babak semia final, dan selanjutnya babak final dengan sesi cerdas cermat yang akan dinilai oleh juri. Perlombaan olimpiade kimia ini diikuti oleh siswa/i SMA sederajat se-JABODETABEK dan Banten. Dimana tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mendorong minat siswa/i SMA sederajat se-JABODETABEK dan Banten untuk menimba ilmu lanjutan di program studi kimia FST UIN Jakarta, serta dapat ikut serta mengembangkan pendidikan di bidang sains, khususnya Kimia.

Acara ini diikuti oleh total peserta 42 siswa/i dari sekitar 17 sekolah se-JABODETABEK dan Banten. Adapun hasil dari OLEFIN ini adalah Filza Camellia (SMAN 1 Cikarang Pusat) berhasil meraih juara 1, Ahmad Nurul Yaqin (MAN Insan Cendekia Serpong) meraih juara 2 dan juara 3 diraih oleh Gagas Praharsa B (MAN Insan Cendekia Serpong). Semoga untuk kegiatan Olimpiade Kimia selanjutnya dapat diadakan untuk ranah yang lebih luas sehingga kegiatan olimpiade ini menambah peluang untuk mengenal program studi Kimia UIN Jakarta lebih jauh lagi.

Dosen Kimia Mengikuti SEMIRATA ICST 2018 di Medan

SEMIRATA ICST 2018 berlangsung dilaksanakan di Medan International Convention Center pada tanggal 4 – 6 Mei 2018. Program Studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah mendelegasikan beberapa dosen sebgai pemakalah, diantaranya ada Dr. Siti Nurbayti, Dr. Sri Yadial Chalid, Islami Aziz, MT dan Nurmaya Atofah, M.Eng.

Yudisium ke-50 Program Studi Kimia

Rabu, 2 Mei 2018 bertempat di Teater lantai 2 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dilaksanakan yudisium ke-50 program studi kimia, Acara yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Agus Salom, M.Si berjalan hikmad. Pada acara yudisium ke-50 ini Yulia Zahra dengan nim 111309600024 menjadi lulusan terbaik dengan IPK 3,55 skripsinya berjudul Degradabilitas in vitro formula konsentrat mengandung isi rumen sebagai campuran pakan komplit ruminansia berbasis jerami padi.

Workshop Menembus Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi

Program Studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, telah melaksanakan kegiatan workshop yang bertemakan Menembus Publikasi Jurnal Internasional yang diselenggarakan selama dua hari Rabu-Kamis tanggal 11-12 April 2018, bertempat di Ruang Sidang Utama FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dr. Ivandini Tribidasari Anggraningrum (Dosen Departemen Kimia Universitas Indonesia) bertindak sebagai pemateri dan Rudi Heryanto, M.Si (Kimia IPB) sebagai moderator. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen kimia, PLP Laboratorum, dan perwakilan mahasiswa. Kegiatan ini sebagai coaching clinic dalam mempersiapkan manuscript dan trik memilih jurnal. Workshop dibuka oleh Ketua Program Studi Kimia Drs. Dede Sukandar, M.Si. Diharapakn outcome dari kegiatan ini adalah setiap peserta dapat mensubmit artikelnya dijurnal pilihannya.

Asianalysis XIV dan ICCAI di Jakarta Convention Center

Asianalysis dan ICCAI berlangsung dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 5-6 April 2018. Program Studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah mendelegasikan Drs. Dede Sukandar, M.Si., Isalmi Aziz, M.T, Dr. Hendrawati, Dr. Sandra Hermanto, Nurhani, M.Si, Nurmaya Arofah, M.Eng, Eka Ftriyani Ahmad, M.Si., M.K.K.K dan  Yusraini Dian Inayati Siregar, M.Si sebagai penitian dan bergabung dengan 3 institusi lain diantaranya Departemen Kimia IPB, Departemen Kimia UI, Departemen Kimia UNJ dan AKA Bogor. Selain mewakili kepanitiaannya, sejumlah dosen program studi kimia ikut andil sebagai invite spakers.