Category Archives: LAYANAN

Keluarga Besar Program Studi Kimia Mengadakan Acara Halal bi Halal

Untuk menyambung silaturahmi dan tasyakur bi nikmah setelah berpuasa dan libur lebaran, Keluarga besar Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan halal bi halal yang bertempat di  Restauran Pulau Situ Gintung Ciputat pada tanggal 4 Juli 2018. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh dosen, staf, dan laboran program studi kimia.

 

Dosen Kimia Mengikuti SEMIRATA ICST 2018 di Medan

SEMIRATA ICST 2018 berlangsung dilaksanakan di Medan International Convention Center pada tanggal 4 – 6 Mei 2018. Program Studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah mendelegasikan beberapa dosen sebgai pemakalah, diantaranya ada Dr. Siti Nurbayti, Dr. Sri Yadial Chalid, Islami Aziz, MT dan Nurmaya Atofah, M.Eng.

Workshop Menembus Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi

Program Studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, telah melaksanakan kegiatan workshop yang bertemakan Menembus Publikasi Jurnal Internasional yang diselenggarakan selama dua hari Rabu-Kamis tanggal 11-12 April 2018, bertempat di Ruang Sidang Utama FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dr. Ivandini Tribidasari Anggraningrum (Dosen Departemen Kimia Universitas Indonesia) bertindak sebagai pemateri dan Rudi Heryanto, M.Si (Kimia IPB) sebagai moderator. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen kimia, PLP Laboratorum, dan perwakilan mahasiswa. Kegiatan ini sebagai coaching clinic dalam mempersiapkan manuscript dan trik memilih jurnal. Workshop dibuka oleh Ketua Program Studi Kimia Drs. Dede Sukandar, M.Si. Diharapakn outcome dari kegiatan ini adalah setiap peserta dapat mensubmit artikelnya dijurnal pilihannya.

Asianalysis XIV dan ICCAI di Jakarta Convention Center

Asianalysis dan ICCAI berlangsung dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 5-6 April 2018. Program Studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah mendelegasikan Drs. Dede Sukandar, M.Si., Isalmi Aziz, M.T, Dr. Hendrawati, Dr. Sandra Hermanto, Nurhani, M.Si, Nurmaya Arofah, M.Eng, Eka Ftriyani Ahmad, M.Si., M.K.K.K dan  Yusraini Dian Inayati Siregar, M.Si sebagai penitian dan bergabung dengan 3 institusi lain diantaranya Departemen Kimia IPB, Departemen Kimia UI, Departemen Kimia UNJ dan AKA Bogor. Selain mewakili kepanitiaannya, sejumlah dosen program studi kimia ikut andil sebagai invite spakers.

HIMKA Sukses Menggelar pOH Tahun 2018

Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) Sukses menggelar kegiatan POH (Pekan Olah Raga Himka). Acara yang menjadi agenda kegiatan tahunan ini dilaksanakan pada 15 Maret 2018 sampai 19 Maret 2018. Acara tersebut berisikan kompetisi olahraga yang telah diikuti oleh mahasiswa kimia UIN Jakarta.

Adapun daftar perlombaan nya terdiri dari; Tarik tambang, Futsal, Badminton, Estafet, dan Kasti.
Berikut merupakan daftar pemenang dari perlombaan POH:
1. Tarik tambang
  • Juara 1: Kelas 2017 A
  • Juara 2: Kelas 2016 A
2. Futsal Putri
  • Juara 1: Angkatan 2017
  • Juara 2: Angkatan 2016
3. Futsal Putra
  • Juara 1: Angkatan
  • Juara 2: Angkatan
4. Estafet
  • Juara 1: Kelas 2016 C
  • Juara 2: Kelas 2015 A
5. Kasti
  • Juara 1: Kelas 2015 B
  • Juara 2: Kelas 2017 A

Selamat Kepada para pemenang, semoga terus menjaga sportifitas…

Visiting Professor

Selasa, 6 Maret 2018 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mendatangkan Dosen Tamu dari Fukuoka University Japan. Pada kesempatan ini tiga profesor memberikan kuliah tamu di Teather Lantai 4 Gedung Dekanat FST yaitu Prof. Kenji Mishima, Prof. Kamiyama dan Assc. Prof. Mishumi. Acara yang bertajuk Visiting Professor, Join Research and Student Exchange Program ini rutin dilaksanakan oleh FST dan Fukuoka University sebagai salah satu bentuk kerja sama (MoU) yang telah disepakati bersama.

Studium General

Senin, 26 Februari 2018, Program Studi Kimia FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengundang Dr. Yuni Krisyuningsih Krisnandi, M.Sc pada acara studium general. Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah Sintesis dan Karakterisasi Material Biopori serta Aplikasinya. Dr. Yuni merupakan dosen kimia di Departemen Kimia FMIPA Universitas Indonesia. Acara ini berlangsung di Teater Lantai 2 Fakultas Sains dan Teknologi berlangsung secara interaktif, Studium general ini rutin dilaksanakan oleh program studi kimia dua kali dalam setahun, ini merupakan kali pertama di tahun 2018. Acara dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Agus Salim, M.Si.

Rapat Persiapan International Conference on Chemical Analysis and Instrumentation 2018

Rabu, 14 Februari 2018 telah dilaksanakan rapat persiapan International Conference on Chemical Analysis and Instrumentation 2018. Rapat pelaksanaan dilaksanakan di Ruang Sidang Utama FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebagai penyelenggaran conference  dilaksanakan dari berbagai indtitudi, diantaranya Program Studi Kimia UIN Jakarta, Program Studi Kimia Politeknik AKA Bogor, Departemen Kimia UI, Departemen Kimia Universitas Negeri Jakarta, Departemen Kimia IPB, Departemen Kimia ITB dan Himpunan Kimia Indonesia. Kegiatan ICCAI ini rutin dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Pada pelaksanaan tahun ini yang menjadi tuan rumah penyelenggara adalah Program Studi Kimia AKA Bogor. Conference dijadwalkan pada tanggal 4-6 April 2018 di Jakarta Convention Center yang akan menghadirkan keynote speaker dari berbagai negara diantaranya Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Korea, China dan Jepang.

Rapat Koordinasi Persiapan Kuliah Semester Genap Tahun Ajaran 2017-2018

Rabu, 31 Januari 2018 Program Studi Kimia FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah melaksanakan rapat koordinasi persiapan perkuliahan semester genap tahun ajaran 2017-2018.  Selain membahas koordinasi persiapan semester genap yang meliputi perkuliahan dan praktikum, pada rapat juga membahas evaluasi semester ganjil yang telah berakhir. Rapat dibuka oleh Ketua Program Studi Kimia Drs. Dede Sukandar, M.Si. dihadiri oleh seluruh dosen program studi Kimia dan PLP Pusat Laboratorium Terpadu FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rapat Persiapan Workshop Jurnal Kimia Valensi

 

Rabu, 22 November 2017 bertempat di Ruang Sidang Utama Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah telah berlangsung rapat persiapan workshop Jurnal Kimia Valensi. Workshop ini merupakan tindak lanjut dari diraihnya hibah bantuan pengelolaan jurnal kimia valensi dari Kementerian Agama RI Tahun Anggaran 2017. Workshop akan diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 11-12 Desember 2017 di Ruang Sidang Utama FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan mengundang pemateri dari kalangan akademisi dan Relawan Jurnal Indonesia. Rapat dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi Kimia serta dosen-dosen Program Studi Kimia. Rapat dipimpin oleh Managing Editor Jurnal Kimia Valensi Dr. Sandra Hermanto, M.Si