Category Archives: HIMKA

Rapat Program Studi Kimia

Rabu, 18 Juli 2018 Progam Studi Kimia mengadakan rapat di Ruang Sidang Utama FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Rapat dibuka oleh ketua program studi Drs. Dede Sukandar, M.Si dan dihadiri oleh seluruh dosen, PLP serta perwakilan mahasiswa. Agenda rapat membahas:

  1. Persiapan kegiatan Chemistry in Village yang akan dilaksanakan Tanjung Pasir Kabupaten Tangerang
  2. Persiapan praktikum semester ganjil tahun ajaran 2018-2019
  3. Laporan mingguan aktivitas Jurnal Kimia Valensi

 

Program Studi Kimia Melaksanakan Kunjungan Industri ke PT. Triple Ace Corporation

Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan kunjungan ke industri pembuatan sabun, pasta gigi dan kosmetika, yaitu PT. Triple Ace Corporation yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 44 mahasiswa dari semester 4 ini bertujuan menambah wawasan mahasiswa dalam proses produksi kimia. Kegiatan yang dimotori oleh departemen Ristek kementrian Pendidikan Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) FST UIN Syarif Hidayatullah dibimbing oleh beberapa dosen program studi Kimia, diantaranya Dr. Sandra Hermanto, M.Si, Dr. Siti Nurbayti, M.Si dan La Ode Sumarlin, M.Si. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diagendakan.

 

Program Studi Kimia Kunjungi PT. Chandra Asri Petrochemical, Tbk

Selasa, 8 Mei 2018, Mahasiswa Program Studi Kimia FST UIN Jakarta semester 6 dan sebagian semester 4 melakukan kunjungan industri ke PT. Chandra Asri Petrochemical, Tbk yang berlokasi di Kawasan Industri Cilegon Banten. Kegiatan ini bertujuan menambah wawasan mahasiswa dalam proses produksi kimia. Kegiatan yang dimotori oleh  Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) FST UIN Syarif Hidayatullah dibimbing oleh Nurmaya Arofah, M.Eng., Tarso Rudiana, M.Si dan Adawiah, S.Si berjalan dengan lancar.

Olymipad of Chemistry UIN (OLEFIN)

Kegiatan OLEFIN (Olympiad Of Chemistry UIN) telah dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 28 April 2018, dihadiri oleh anggota Himpunan Mahasiswa Kimia yang masuk kedalam kepanitiaan dan juga beberapa alumni HIMKA serta dihadiri oleh peserta olimpiade yang didampingi oleh pembimbing dan orangtua murid peserta olimpiade. Acara yang diselenggarakan di Teater lt.2 FST ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Akademik dibawah Kementrian Pendidikan HIMKA yang salah satu tujuannya untuk memperkenalkan program studi kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. OLEFIN atau Olimpiade Kimia dilaksanakan selama 1 hari. Diawali dengan pemberangkatan peserta dari wilayah atau sekolah masing-masing, yang kemudian dilanjutkan dengan pengisian soal-soal babak penyisihan, dilanjutkan dengan pengisian soal babak semia final, dan selanjutnya babak final dengan sesi cerdas cermat yang akan dinilai oleh juri. Perlombaan olimpiade kimia ini diikuti oleh siswa/i SMA sederajat se-JABODETABEK dan Banten. Dimana tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mendorong minat siswa/i SMA sederajat se-JABODETABEK dan Banten untuk menimba ilmu lanjutan di program studi kimia FST UIN Jakarta, serta dapat ikut serta mengembangkan pendidikan di bidang sains, khususnya Kimia.

Acara ini diikuti oleh total peserta 42 siswa/i dari sekitar 17 sekolah se-JABODETABEK dan Banten. Adapun hasil dari OLEFIN ini adalah Filza Camellia (SMAN 1 Cikarang Pusat) berhasil meraih juara 1, Ahmad Nurul Yaqin (MAN Insan Cendekia Serpong) meraih juara 2 dan juara 3 diraih oleh Gagas Praharsa B (MAN Insan Cendekia Serpong). Semoga untuk kegiatan Olimpiade Kimia selanjutnya dapat diadakan untuk ranah yang lebih luas sehingga kegiatan olimpiade ini menambah peluang untuk mengenal program studi Kimia UIN Jakarta lebih jauh lagi.

Bakti Sosial Himpunan Mahasiswa Kimia dan Dosen Kimia UIN Jakarta

Sabtu, 24 Maret 2018 menjadi momen yang sangat bahagia bagi Himpunan Mahasiswa Kimia, dosen Program Studi Kimia dan Yayasan Al-Intiba Ciputat Tangerang Selatan, karena pada hari tersebut telah dilaksanakan silaturahmi dalam rangkaian kegiatan bakti sosial.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh HIMKA. Baksos HIMKA merupakan suatu bentuk kepedulian mahasiswa kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah terhadap anak-anak yatim piatu dengan memberikan bantuan dan motivasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial mahasiswa kimia dengan menanamkan nilai kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama. Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa kimia untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial.
Kegiatan baksos HIMKA tahun ini bertemakan “SUSPENSI”, Sosialisasi Umum Sebagai Penyambung Silaturahmi, dan dihadiri oleh mahasiswa kimia angkatan 2015, 2016, dan 2017; serta dosen Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah. Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembacaan Al-Qur’an dan sambutan-sambutan; makan siang bersama dan sholat Zuhur berjamaah; Chems for Kids (CFK) yang diisi oleh Laboratory Management of Chemistry (LMC) sebagai bentuk pengenalan kimia kepada anak-anak; pengenalan akan makanan Halal yang disampaikan oleh Dr. Sandra Hermanto, M.Si (dosen kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah), pemberian bingkisan dan sertifikat secara simbolis kepada pihak Yayasan Al-Intiba; dan games sebagai penutup rangkaian acara.

Adik Asuh Himpunan Mahasiswa Kimia UIN Jakarta

Selain aktif pada kegiatan akademik dan organisasi, Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga aktif pada kegiatan sosial, Ini terermin pada program kerja HIMKA Bidang sosial mengadakan kegiatan adik asuh. Adik asuh himka merupakan bentuk pengabdian himka kepada masyarakat. kegiatan ini berupa kegiatan pengajaran terhadap anak-anak kurang mampu yg berada di lingkungan pemulung di sekitaran UIN Syarif Hidyatullah Jakarta. Kegiatan adik asuh HIMKA diselengarakan setiap hari Sabtu dan Minggu di tiga tempat yang berbeda, yaitu di Gang Kubur, Gang Mawar, dan Gang Jambu. Materi yang diajarkan seperti belajar menulis, belajar membaca, mewarnai, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Rapat Koordinasi Program Studi Kimia

 

Program Studi Kimia menggelar rapat koordinasi dengan himpunan mahasiswa kimia (HIMKA) UIN Jakarta. Rapat ini dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Lantai 2 Gedung Dekanan FST UIN Jakarta. Rapat membahas program kerja Himka periode tahun 2018. Rapat dibuka oleh ketua program studi Kimia Drs. Dede Sukandar, M.Si dihadiri oleh seluruh dosen program studi kimia dan pengurus himpunan mahasiswa kimia periode 2018.

Rapat Kerja Himpunan Mahasiswa Kimia

Himpunan Mahasiswa Kimia atau yang disingkat HIMKA dalam Kabinet Sinergis telah melakukan rapar kerja yang dilaksanakan pada Sabtu 3 Maret 2018 di Theater Room lantai 2 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  Rapat Kerja diikuti oleh seluruh pengurus dari himpunan mahasiswa kimia Kabinet Sinergis dengan turut mengundang Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi serta Senat Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi serta Dewan penasihat Organisasi. Rapat kerja yang dipimpin oleh presiden HIMKA Pratiwi Nur Kinasih membahas tentang rencana dan pengesahan program kerja HIMKA pada Periode 2018. Rapat kerja menghasilkan berbagai program kerja dari setiap Departemen di HIMKA untuk dapat memajukan himpunan mapun nama baik dari Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kedepannya.

Muhammad Rosidi Afriansyah Melakukan Penelitian di Jepang

 

Salah satu syarat lulus dari program sarjana Program Studi Kimia UIN Jakarta adalah melakukan penelitian dan menyusun laporan dalam bentuk skripsi. Begitu pula dengan yang dilakukan Muhamad Rosidi Afriansyah yang akrab dipanggil Rosidi mahasiswa semester 8 ini melakukan penelitian di Aomori Jepang tepatnya di Foof Function and Safety Laboratory, Faculty of Meat Science School of Veterinary Medicine Kitasato University Japan. Mahasiswa bimbingan Dr. Sri Yadial Chalid dan Dr. Siti Nurbayti ini akan melakukan riset dibidang kimia pangan dan akan melaksanakan penelitian selama 6 bulan di Kitasato University.

Studi Banding Himpunan Mahasiswa Unand ke Jakarta

Sabtu, 23 Desember 2017 bertempatkan di Teather Lt.2 Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) kedatangan tamu dari Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Andalas atau biasa disebut HIMKA UNAND yang bertujuan melakukan Studi Banding ke HIMKA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Studi banding ini bertujuan untuk bertukar pikiran mengenai Program Kerja HIMKA UNAND dengan HIMKA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain itu tujuan paling utama adalah terjalinnya silaturahmi dan memperluas tali persaudaraan. Dimana silaturahmi sangat penting untuk membangun dan meningkatkan hubungan kekeluargaan dan kerja sama antara universitas khususnya mengenai Himpunan dan Program Studi Kimia

Acara dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne HIMKA, sambutan dari perwakilan HIMKA UIN, HIMKA UNAND, dan perwakilan dosen. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu pemaparan tentang identitas masing-masing himpunan yang dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan penutup dan sesi foto bersama.