Category Archives: KEGIATAN

Rapat Program Studi Kimia

Rabu, 18 Juli 2018 Progam Studi Kimia mengadakan rapat di Ruang Sidang Utama FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Rapat dibuka oleh ketua program studi Drs. Dede Sukandar, M.Si dan dihadiri oleh seluruh dosen, PLP serta perwakilan mahasiswa. Agenda rapat membahas:

  1. Persiapan kegiatan Chemistry in Village yang akan dilaksanakan Tanjung Pasir Kabupaten Tangerang
  2. Persiapan praktikum semester ganjil tahun ajaran 2018-2019
  3. Laporan mingguan aktivitas Jurnal Kimia Valensi

 

Dosen Program Studi Kimia Mengikuti Annual Meeting of MIPAnet di Unpati Ambon

Sejumlah dosen Program Studi Kimia FST UIN Jakarta mengikuti acara International Conference on Basic Science 2018 dan Annuel Meeting of MIPAnet yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pattimura Ambon pada tanggal 12-13 Juli 2018. Acara ini selain diikuti oleh dosen Prodi Kimia, juga prodi lain seperti Biologi dan Matematika mengikuti acara tersebut. Dekan, Wakil dekan II dan Wakil Dekan III FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga turut hadir dalam acara tersebut. Pada kegiatan Conference Ketua Proram Studi Kimia Drs. Dede Sukandar, M.Si turut berpartisipasi sebagai pemakalah oral.

Program Studi Kimia Melaksanakan Kunjungan Industri ke PT. Triple Ace Corporation

Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan kunjungan ke industri pembuatan sabun, pasta gigi dan kosmetika, yaitu PT. Triple Ace Corporation yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 44 mahasiswa dari semester 4 ini bertujuan menambah wawasan mahasiswa dalam proses produksi kimia. Kegiatan yang dimotori oleh departemen Ristek kementrian Pendidikan Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) FST UIN Syarif Hidayatullah dibimbing oleh beberapa dosen program studi Kimia, diantaranya Dr. Sandra Hermanto, M.Si, Dr. Siti Nurbayti, M.Si dan La Ode Sumarlin, M.Si. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diagendakan.

 

Program Studi Kimia Kunjungi PT. Chandra Asri Petrochemical, Tbk

Selasa, 8 Mei 2018, Mahasiswa Program Studi Kimia FST UIN Jakarta semester 6 dan sebagian semester 4 melakukan kunjungan industri ke PT. Chandra Asri Petrochemical, Tbk yang berlokasi di Kawasan Industri Cilegon Banten. Kegiatan ini bertujuan menambah wawasan mahasiswa dalam proses produksi kimia. Kegiatan yang dimotori oleh  Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) FST UIN Syarif Hidayatullah dibimbing oleh Nurmaya Arofah, M.Eng., Tarso Rudiana, M.Si dan Adawiah, S.Si berjalan dengan lancar.

Yudisium ke-50 Program Studi Kimia

Rabu, 2 Mei 2018 bertempat di Teater lantai 2 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dilaksanakan yudisium ke-50 program studi kimia, Acara yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Agus Salom, M.Si berjalan hikmad. Pada acara yudisium ke-50 ini Yulia Zahra dengan nim 111309600024 menjadi lulusan terbaik dengan IPK 3,55 skripsinya berjudul Degradabilitas in vitro formula konsentrat mengandung isi rumen sebagai campuran pakan komplit ruminansia berbasis jerami padi.

Bakti Sosial Himpunan Mahasiswa Kimia dan Dosen Kimia UIN Jakarta

Sabtu, 24 Maret 2018 menjadi momen yang sangat bahagia bagi Himpunan Mahasiswa Kimia, dosen Program Studi Kimia dan Yayasan Al-Intiba Ciputat Tangerang Selatan, karena pada hari tersebut telah dilaksanakan silaturahmi dalam rangkaian kegiatan bakti sosial.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh HIMKA. Baksos HIMKA merupakan suatu bentuk kepedulian mahasiswa kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah terhadap anak-anak yatim piatu dengan memberikan bantuan dan motivasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial mahasiswa kimia dengan menanamkan nilai kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama. Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa kimia untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial.
Kegiatan baksos HIMKA tahun ini bertemakan “SUSPENSI”, Sosialisasi Umum Sebagai Penyambung Silaturahmi, dan dihadiri oleh mahasiswa kimia angkatan 2015, 2016, dan 2017; serta dosen Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah. Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembacaan Al-Qur’an dan sambutan-sambutan; makan siang bersama dan sholat Zuhur berjamaah; Chems for Kids (CFK) yang diisi oleh Laboratory Management of Chemistry (LMC) sebagai bentuk pengenalan kimia kepada anak-anak; pengenalan akan makanan Halal yang disampaikan oleh Dr. Sandra Hermanto, M.Si (dosen kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah), pemberian bingkisan dan sertifikat secara simbolis kepada pihak Yayasan Al-Intiba; dan games sebagai penutup rangkaian acara.

Perkembangan Peralatan Kimia dari Timbangan ke Spektroskopi Massa

Senin, 26 Maret 2018, bertempat di Teater Lantai 2 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah, Program Studi Kimia mengundang Prof. Dr. Yana Maolana Syah (Guru Besar Kimia Bahan Alam Institut Teknologi Bandung) dalam acara Stadium General. Pada kesempatan itu, Prof. Yana memaparkan perkembangan peralatan kimia dari timbangan sampai peralatan canggih spektroskopi massa. Stadium General dibuka secararesmi oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Agus Salim, M.Si dan dihadiri oleh seluruh dosen dan laboran program studi kimia.

Adik Asuh Himpunan Mahasiswa Kimia UIN Jakarta

Selain aktif pada kegiatan akademik dan organisasi, Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga aktif pada kegiatan sosial, Ini terermin pada program kerja HIMKA Bidang sosial mengadakan kegiatan adik asuh. Adik asuh himka merupakan bentuk pengabdian himka kepada masyarakat. kegiatan ini berupa kegiatan pengajaran terhadap anak-anak kurang mampu yg berada di lingkungan pemulung di sekitaran UIN Syarif Hidyatullah Jakarta. Kegiatan adik asuh HIMKA diselengarakan setiap hari Sabtu dan Minggu di tiga tempat yang berbeda, yaitu di Gang Kubur, Gang Mawar, dan Gang Jambu. Materi yang diajarkan seperti belajar menulis, belajar membaca, mewarnai, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Rapat Kerja Himpunan Mahasiswa Kimia

Himpunan Mahasiswa Kimia atau yang disingkat HIMKA dalam Kabinet Sinergis telah melakukan rapar kerja yang dilaksanakan pada Sabtu 3 Maret 2018 di Theater Room lantai 2 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  Rapat Kerja diikuti oleh seluruh pengurus dari himpunan mahasiswa kimia Kabinet Sinergis dengan turut mengundang Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi serta Senat Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi serta Dewan penasihat Organisasi. Rapat kerja yang dipimpin oleh presiden HIMKA Pratiwi Nur Kinasih membahas tentang rencana dan pengesahan program kerja HIMKA pada Periode 2018. Rapat kerja menghasilkan berbagai program kerja dari setiap Departemen di HIMKA untuk dapat memajukan himpunan mapun nama baik dari Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kedepannya.

Kunjungan Boston University

Bertempat di Ruang Theater Lantai 4 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mendatangkan tamu dari Boston University Metropolitan College Internasional Amerika, acara yang bertemakan roundtable discussion dengan judul Study in USA? Why not! dihadiri oleh seluruh mahasiswa program studi yang ada di FST. Kali ini yan menjadi embicaranya adalah Mrs. Katharine Dunkerley (Associate Director). Acara berlangsung dari jam08.00-11.00 berlangsung sangat interaktif.