Studi Banding Himka UIN Jakarta – HMK “AMISCA”

Sabtu, 26 Oktober 2019 Program Studi dari Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka) UIN Jakarta telah melaksanakan kunjungan kerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Kimia (HMK) Amisca Institut Teknologi Bandung (ITB). Kunjungan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun sebagai program kerja Departemen Hubungan Luar Kampus Himka UIN Jakarta. Adapun tujuan dari dilaksanakannya studi banding ini adalah membangun hubungan yang baik antara Himpunan Kimia sekaligus meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang sistem keorganisasian mahasiswa di Himpunan Mahasiswa Kimia lain sehingga dapat diaplikasikan dan menjadikan Himka lebih baik lagi di kemudian hari. Studi banding pun dapat dijadikan tolak ukur, apakah organisasi kita sudah setara, mendekati, atau tidak mendekati sama sekali dengan organisasi yang menjadi referensi tujuan studi banding.

Tour Laboratorium Kimia Organik Bahan Alam (KOBA)

Acara ini diawali dengan sambutan dari masing-masing presiden himpunan yang dilanjutkan dengan penjabaran masing-masing program kerjanya. Kegiatan inti dari acara ini adalah FGD (Focus Group Discussion). Masing-masing department dari tiap himpunan bertemu dengan departemen yang sama dan dilakukanlah diskusi untuk saling bertukar ilmu. Masih dalam waktu yang sama, dilakukanlah tour laboratorium sebagai wujud aplikasi keilmuan sains serta pemaparan dari pihak ITB kepada para peserta. Laboratorium yang di kunjungi antara lain adalah, Laboratorium Kimia Organik Bahan Alam (KOBA), Laboratorium Kimia Fisik Material dan Laboratorium Padatan dan Katalisis.

Peserta Studi Banding Himka UIN Jakarta – HMK “AMISCA” 2019

Acara ini diakhiri dengan foto Bersama di depan landmark ITB atau lebih dikenal sebagai Plaza Widya Nusantara. Alhamdulillah, program kerja ini terlaksana dengan baik dan banyak memberi dampak positif kepada masing-masing Himpunan.

Terima Kasih HMK ‘AMISCA’ ITB!