SEMINAR PERSIAPAN PKL 2021

Optimis dan Semangat di era NEW NORMAL

Jakarta. Jumat, 18 September 2020. Program Studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah bersama Himpunan Mahasiswa Kimia Departemen Penelitian dan Pengembangan mengadakan Seminar Persiapan PKL (Praktik Kerja Lapangan) secara online dengan media Google Meet.

Acara ini dilakukan sebagai sesi sharing atau berbagi pengalaman terkait PKL seperti informasi mengenai bagaimana cara mengajukan surat untuk melaksanakan PKL di instansi bersangkutan dan apa saja yang dilakukan selama PKL serta persyaratan administrasi pelaksanaan PKL. Seminar ini diikuti oleh mahasiswa kimia semester 5 yang akan melakukan PKL tahun depan (2021). Ketua Program Studi Kimia dan ketua HIMKA turut hadir juga dalam seminar ini memberikan sambutan.

Narasumber dari acara ini adalah mahasiswa kimia angkatan 2017 sebanyak 3 mahasiswa yaitu Aditya Riyanti, Kenta Ragies Syukhairi, dan Arzqa Sabila Hanifah. Ketiga narasumber tersebut sudah melaksanakan PKL di 3 jenis instansi yang berbeda, yaitu BUMN, BPPI, dan industri makanan. Pada acara ini, narasumber berbagi pengalamannya mulai dari persiapan seperti dokumen apa saja yang perlu disiapkan hingga pelaksanaan PKL, termasuk tips-tips sederhana dalam menghadapi kondisi tertentu selama PKL.

Bapak La Ode Sumarlin selaku Ketua Program Studi Kimia juga turut menjadi salah satu narasumber dalam seminar ini. Beliau  menjelaskan beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum dapat melaksanakan PKL, Capaian Pembelajaran (CP) PKL, dokumen online yang harus diisi termasuk di dalamnya berupa monev antara kegiatan PKL.  Lebih lanjut Beliau juga menjelaskan output baru PKL 2021 berupa rancangan poster sederhana yang menunjukkan isi laporan PKL atau membuat tulisan singkat yang berkenaan dengan materi PKL yang di posting secara online pada Blog, website, dll yang relevan (atas ijin pihak Intitusi PKL).

Setelah penyampaian materi usai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh para peserta. Seminar ini ditutup dengan sesi foto bersama dan penyampaian terima kasih dan permohonan maaf kepada pembicara dan peserta seminar.  Semoga PKL Tahun 2021 memberikan inspirasi optimisme dan semangat kesuksesan di era New Normal dalam rangka Revolusi Industri 4.0. (AFT)