Program HIMKA

A Better Me is Coming

Jakarta. Departemen Sosial Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) menyelenggarakan webinar social yang dilaksanakan pada Hari Sabtu tanggal 3 Oktober 2020. Webinar yang memiliki tema “A Better Me is Coming” ini membahas tentang self improvement dan juga tentang bagaimana cara agar dapat terus berpikir positif serta percaya diri dalam menghadapi segala situasi. Acara ini mengundang seorang pembicara dari luar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu salah satu alumni Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor atas nama Agus Vany, A.Md. Beliau adalah salah satu lulusan Diploma 3 jurusan Akuntansi angkatan 2017.

Acara Webinar Sosial A Better Me is Coming

            Acara dimulai pukul 09.15 WIB dengan pembukaan yang disampaikan oleh Suha Fitrianing Tyas selaku Master of Ceremony (MC) Kemudian, pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Kamilia Miftahul Jannah. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh ketua pelaksana , presiden Himpunan Mahasiswa Kimia , dan sambutan oleh Bapak Dr. La Ode Sumarlin, M.Si selaku Kepala Prodi Kimia UIN Jakarta.

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an 
Sambutan Ketua Pelaksana
Sambutan Presiden HIMKA Periode 2020 
Sambutan Kepala Prodi Kimia
Pembukaan oleh Moderator

            Beralih ke acara inti yang dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh Rafida Aisyah selaku moderator. Selanjutnya, penyampaian materi dan sesi tanya jawab yang dimulai pada pukul 09.45 WIB sampai 11.15 WIB.  Dalam paparannya, pembicara menjelaskan bahwa tubuh manusia adalah ibarat sebuah komputer yang harus diinstall dengan hardware. Hardware yang dimaksud itu adalah CRAFT. CRAFT memiliki kepanjangan sebagai berikut, pertama “Cancel” maksudnya segala perkataan negatif yang sering kita lontarkan kepada diri kita sendiri wajib dihapuskan karena perkataan tersebut hanya membuat kita semakin jatuh dan tidak memiliki kepercayaan diri untuk membangun diri lebih baik lagi. Kata-kata itu dapat berupa kata yang melemahkan dan meragukan. Kemudian, “Replace” maksudnya perkataan negatif yang sering kita lontarkan wajib diganti dengan kalimat positif agar kita dapat lebih cepat berkembang menjadi pribadi yang baik. Ketiga, “Afirmasi“ maksudnya untuk menjadikan diri lebih kuat lagi dan percaya diri untuk menggapai cita-cita, kita dapat melakukannya dengan visualisasi dan kata yang berulang sehingga kita bisa menjadi lebih termotivasi untuk menggapai apa yang kita bayangkan selama ini. Dengan cara yang tergolong mudah, yaitu menempelkan sebuah foto tempat atau apapun itu yang menjadi tujuan kita dan terus berkata tentang harapan-harapan kita kepada diri sendiri. Dan juga, sebenarnya dalam kehidupan ini segala makhluk hidup yang berbagai jenis juga ikut mendoakan kita sebagaimana disebutkan dalam Hadist Riwayat Tirmidzi yang berbunyi,

“Sesungguhnya Allah para malaikat-Nya, penduduk langit dan bumi sampai pun semut di sarangnya dan ikan di lautan turut mendoakan kebaikan untuk orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.“ (HR.Tirmidzi)

Selanjutnya, “Focus“ maksudnya menyediakan waktu untuk memasukkan imajinasi dalam kesuksesan. Jadi, kita dianjurkan untuk membayangkan bagaimana rasanya bila kita bisa mencapai tujuan kita agar semakin termotivasi untuk terus berjuang. Dengan cara duduk nyaman, bayangkan, rasakan, dengarkan dan lihatlah. Lalu, ada kata “Train“ maksudnya melatih diri untuk bersikap dan berkeahlian seperti kesuksesan yang kita impikan. Dalam menentukan tujuan dan impian kita diharuskan untuk selalu beroptimis,  namun dalam merencanakannya harus dilakukan secara realistis.

Penyampaian Materi Oleh Pembicara

Setelah materi disampaikan dan seluruh pertanyaan telah dijawab oleh pembicara, acara selanjutnya yaitu pembacaan doa dan penutup yang dibacakan oleh Adimas Yoan Prasetyo. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi pemberian sertifikat kepada pembicara dan dokumentasi yang dipandu oleh Nahdah Asrinovindah. Acara berakhir pada pukul 11.30 sesuai dengan rundown acara yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Pembacaan Doa
Sesi Dokumentasi Bersama

Webinar social ini sangatlah memberikan motivasi kepada para mahasiswa agar dapat terus berpikir positif dan percaya diri dalam menghadapi segala situasi sehingga akan muncul rasa semangat dalam diri untuk berkembang menjadi lebih baik lagi baik untuk diri sendiri maupun kepada semua orang di masa depan kelak. (AFT)