Seminar Penulisan Proposal Penelitian

Pada hari Rabu tanggal 30 September 2020, Program Studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah bersama dengan Departemen Penelitan dan Pengembangan Himpunan Mahasiswa Kimia mengadakan acara ‘Seminar Penulisan Proposal Penelitian’ yang dilakukan setiap setahun sekali dengan media Zoom Meeting dan Google Meet. Acara ini bertujuan agar para mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara pembuatan proposal dengan baik dan benar sehingga akan memudahkan mahasiswa dalam mengajukan proposal penelitian.

Acara yang bertemakan “Proposal Writing Management Strategy” ini diketuai oleh Nur Fitriah Azizah dan dihadiri oleh Ketua Program Studi Kimia, Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia, dan mahasiswa aktif kimia angkatan 2018 atau mahasiswa tingkat 5. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh salah seorang mahasiswi kimia. Setelah itu, ada beberapa sambutan yaitu dari Kaprodi Kimia, Ketua HIMKA dan Ketua Pelaksana.

pembacaan ayat suci Al-Qur’an
sambutan yaitu dari Ketua HIMKA

Pembicara dalam webinar ini adalah Bapak Dr. Sandra Hermanto, M.Si.. Beliau seorang dosen Kimia di Prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dan aktif di berbagai organisasi keprofesian seperti Himpunan Kimia Indonesia (HKI) cabang Jakarta sebagai sekretaris, Pusat Pengkajian dan Pengembangan Jaminan Produk Halal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Materi yang disampaikan beliau mengenai hakikat penelitian, bagian-bagian dari proposal penelitian, telaah proposal, tips penulisan proposal yang baik dan kelemahan umum dari proposal.

Kesimpulan materi webinar ini adalah bahwa salah satu aktualisasi dari ide yang kita miliki terkait penelitian hendaknya dituangkan dalam bentuk proposal penelitian sebab suatu proposal ini layak dijadikan penelitian. Adapun hakikatnya adalah untuk membuktikan sesuatu pemikiran atau gagasan yang ingin digali untuk didapati penyelesaiannya. Sedangkan, tujuan dari meneliti itu dapat sebagai bentuk dari kecintaan terhadap profesi, tuntutan pekerjaan ataupun suatu tugas maupun hobi. Selain itu, dalam tips menyusun proposal penelitian diawali dengan membaca cukup literatur yang terkait dengan penelitian, lalu dituangkan gagasan, diperhatikan clarity setiap kalimat, menggunakan gambar dengan kualitas baik, dan terakhir dapat di baca oleh beberapa kolega sebelum di submit.

Setelah penyampaian materi usai, terdapat sesi tanya jawab. Materi yang disampaikan sangat luar biasa sehingga mahasiswa dan dosen kimia pun antusias untuk bertanya.

Selanjutnya, pada penutupan acara dilakukan sesi foto bersama dan penyampaian terima kasih sekaligus permohonan maaf kepada pembicara atas segala kekurangan yang ada. (AFT)