PERBEKALAN KARIR: career planning, personal branding, curriculum vitae, dan interview

Jakarta. Suatu perencanaan yang baik diperlukan dalam meraih setiap keinginan dan impian. Salah satu yang perlu direncanakan ialah karir. Rencana karir membuka peluang pendidikan dan pelatihan yang dapat disesuaikan dengan minat dan tujuan setiap individu. Perencanaan karir diharapkan menjadi acuan dalam merencanakan impian dan kebahagian di masa mendatang.

Untuk menunjang perencanaan ini maka Pusat karir UIN Jakarta menyelenggarakan training pengembangan kompetensi persiapan karir. Kegiatan training ini terselenggara dalam 2 batch pada hari jumat 23 oktober 2020 dan sabtu 24 oktober 2020. Acara dihadiri mahasiswa dari berbagai fakultas pada setiap batch. Acara dibuka langsung oleh wakil rektor bidang kemahasiswaan Prof. Dr. Masri Mansoer, MA. Training oleh pusat karir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini diselenggarakan di Wisma Syahida Inn UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Materi yang diberikan pada kegiatan ini meliputi 4 hal yaitu  career planning, personal branding, curriculum vitae, dan interview. Materi career disampaikan oleh Artiarini Puspita A, M.Psi. koordinator training dan konseling karir, Pusat Karir, UIN Syarif Hidayatullah. Sesi selanjutnya materi personal branding disampaikan oleh Dr. M. Isnaini, M.Ilkom, dosen magister ilmu komunikasi, Universitas Bunda Mulia dan Universitas Budi Luhur. Materi curriculum vitae disampaikan oleh Ir. Petiana Indriati, kepala pengembangan kewirausahaan dan layanan karir mahasiswa (PPKLKM) Universitas Pancasila. Sementara itu, untuk materi interview disampaikan oleh Mulia Sari Dewi, M.Si, Psi., ketua Pusat Layanan Psikologi (PLP) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Pemaparan oleh masing-masing pemateri mengedepankan prinsip personal branding dan pengelolaan skill komunikasi yang baik dalam menghadapi dunia industri. Hal ini membuat kemampuan spesialis yang telah dimiliki oleh individu dapat ditampilkan dengan baik. Kompetensi dan gaya komunikasi menjadi pilar dalam meningkatkan nilai personal branding individu. Kompetensi mencerminkan spesialisasi yang dimiliki, sedangkan gaya komunikasi mencerminkan kemampuan kerjasama baik yang dibutuhkan oleh dunia industri.  Demikian ungkapan narasumber pada sesi personal branding.

Penelusuran minat dan bakat melalui pengenalan potensi diri juga menjadi salah satu poin yang dijelaskan. Perencanaan karir yang baik diperlukan pengenalan kemampuan diri. Hal ini memudahkan dalam pemilihan pendidikan, maupun upaya eksplorasi bakat. Karakteristik bidang yang beragam membutuhkan keterampiran yang beragam pula. Potensi diri yang dapat diasah sedini mungkin dan diarahkan untuk berkembang pada bidang yang tepat menjadi nilai tambah untuk masa depan.

Acara ini berlangsung dengan baik ditengah kondisi pandemi yang melanda dunia.  Dalam kesempatan ini Program Studi Kimia FST mengirimkan mahasiswa sebagai perwakilan untuk mengikuti kegiatan ini.  Penerapan protokol kesehatan diterapkan dengan baik pada acara ini. Pemaparan materi juga cukup lugas karena melalui pendekatan gambaran langsung di lapangan.  Diharapkan traning ini dapat menjangkau lebih banyak lagi segenap keluarga mahasiswa UIN Jakarta khususnya prodi kimia.