Workshop Jurnal Kimia Valensi (November 2020)

Jakarta. Dengan membawa semangat continuous improvement, Jurnal Kimia Valensi mencoba untuk terus meningkatkan kualitas dalam mewadahi publikasi artikel ilmiah. Jurnal ilmiah yang pertama kali terbit pada September 2007 ini, sampai saat ini telah memiliki peringkat Sinta 2 Sejak 2017. Pengelola jurnal dan program studi kimia merasa sudah waktunya untuk meningkatkan mutu terbitan jurnal. Harapannya, pada 2021 telah siap untuk mengajukan Jurnal Kimia Valensi menjadi Jurnal Internasional.

Untuk mendorong cita-cita sebagai Jurnal Internasional, Jurnal Kimia Valensi melaksanakan rangkaian kegiatan workshop. Yang pertama, dilaksanakan pada tanggal 10 November dengan tema “Strategi Pengelolaan Jurnal menuju Jurnal terindeks Scopus”. Workshop kedua mengambil tema “Manajemen Pengelolaan Naskah Jurnal Bereputasi Internasional”.

Strategi Pengelolaan Jurnal menuju Jurnal terindeks Scopus

Tema pertama dilaksanakan secara daring pada hari Selasa (10/11/20). Narasumber kegiatan ini adalah Miftahul Ilmi, Ph.D yang merupakan Editor in Chief Journal of Tropical Biodiversity and Biotechnology (JTBB), Universitas Gadjah Mada. Pengisi acara Yulyani Nur Azizah, M.Si (Pembawa Acara) dan Dr. Sandra Hermanto, M.Si (Moderator). Peserta yang mengikuti workshop adalah pengelola jurnal, dosen kimia, dan peserta undangan.

Materi yang disampaikan meliputi strategi pengajuan indeksasi internasional, manajemen jurnal, dan teknis pelaksanaan yang efektif. Termasuk didalamnya dilaksanakan sesi bedah Jurnal Kimia Valensi. Dalam kegiatan pertama ini dapat disimpulkan bahwa Jurnal Kimia Valensi pada dasarnya memiliki modal yang kuat untuk dapat menjadi Jurnal Internasional. Akan tetapi, masih diperlukan perbaikan terutama dalam manajemen dan laman jurnal (http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/valensi).

Manajemen Pengelolaan Naskah Jurnal Bereputasi Internasional

Tema kedua dalam rangkaian workshop ini berfokus pada pengelolaan naskah jurnal. Dilaksanakan pada hari Sabtu (14/10/20) secara daring. Sebagai narasumber adalah Amin Fatoni, Ph.D (Editor in Chief Jurnal Molekul, Universitas Jenderal Soedirman) dengan moderator Tarso Rudiana, M.Si. Peserta yang hadir terdiri dari pengelola jurnal, dosen kimia, dan peserta undangan.

Aspek penting dalam pengelolaan jurnal dibahas secara interaktif. Aspek tersebut adalah pembagian tugas, pelaksanaan, pemilihan editor eksternal, dan proses review naskah. Peningkatan kualitas jurnal, mengharuskan adanya kualitas terbitan yang baik. Baik secara isi maupun baik secara pengelolaan naskah.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan mampu mematangkan rencana Jurnal Kimia Valensi menuju Jurnal Internasional. Dengan potensi yang dimilikinya, Jurnal Kimia Valensi sudah saatnya untuk naik kelas. Hal itu bisa terlaksana dengan beberapa perbaikan dan kerjasama dari berbagai pihak.

Pada akhirnya, dunia penerbital artikel ilmiah dalam wadah jurnal ilmiah selalu berjalan dinamis. Sehingga menjadi keniscayaan bagi Jurnal Kimia Valensi untuk terus bergerak maju. (AFT)