WEBINAR KADERISASI I

“CARBON : Chemistry Regeneration for a Bright New Generation ”

Jakarta. Departemen PSDM menyelenggarakan webinar kaderisasi 1 dengan tagline CARBON : Chemistry Regeneration for a Bright New Generation yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu 2-3 Oktober pukul 08:00-13:00. Acara ini ditujukan kepada mahasiswa baru Prodi Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pemateri yang dihadirkan adalah alumni Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang tergabung dalam FORSILA (Forum Silaturahmi Alumni) Kimia UIN Jakarta pada hari pertama. Pemateri pada hari kedua adalah Ario Bisma Adiyasa dengan tema “Kepemimpinan” serta M.Arif Ramadhan dengan tema “Manajemen Organisasi”.

HARI PERTAMA

Pemaparan pertama disampaikan oleh Prabowo (Kimia 2011) mengenai pengalamannya kuliah dan kehidupan pasca kampus. Selain itu, disampaikan juga tentang pentingnya sharing berbagi ilmu dengan para alumni untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas. Pembicara selanjutnya adalah Deni (Kimia 2011) yang merupakan ketua Forum Silahturahmi Alumni (FORSILA) mengenalkan FORSILA sebagai wadah silaturahmi bagi para alumni. Dalam pemaparannya, dijelaskan struktur alumni  dengan tujuan memperkenalkan pengurus FORSILA pada tahun ini sebagai narahubung para alumni baik internal maupun eksternal para alumni. Pesan yang disampaikan adalah untuk tetap menjaga komunikasi antara alumni dengan mahasiswa aktif sehingga dapat terjadi hubungan kekeluargaan yang baik dan bisa saling membantu kedepannya.

A collage of a person

Description automatically generated with medium confidence

Setelah semua materi tersampaikan, dilakukan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Dias  selaku moderator. Pada sesi ini, para audiens sangat antuasias bertanya kepada kedua pemateri dan terjawab seluruh pertanyaan dengan jawaban yang menginspirasi. Kemudian, penyerahan sertifikat secara simbolis kepada kedua pemateri dan dokumentasi yang dipandu oleh Sasti Maziya.

Pemaparan kedua disampaikan oleh Riyan Ardianyah (ketua HIMKA) yang menjelaskan tentang struktur kepengurusan dan proker proker secara umum. Pemaparan proker secara detail disampaikan oleh setiap departemen. Disampaikan juga mengenai Chemistry In Village (CIV) sebagai sebuah program pengabdian pada masyarakat dari HIMKA UIN Jakarta.

Setelah semua materi tersampaikan, dilakukan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Resta selaku moderator. Pada sesi ini, para audiens sangat antuasias bertanya kepada kedua pemateri dan terjawab seluruh pertanyaan dengan jawaban yang menginspirasi. Kemudian, penyerahan sertifikat secara simbolis kepada kedua pemateri dan dokumentasi yang dipandu oleh Sasti dan diakhiri dengan games yang dipandu oleh Vidia.

HARI KEDUA

Pada hari kedua, pemaparan pertama disampaikan oleh Ario Bisma Adiyasa yang dimoderatori oleh Jasmine mengenai materi kepemimpinan. Narasumber menekankan bahwa kepemimpinan ada  di setiap diri kita. Kepemimpinan yang merupakan proses mengarahkan dan/atau mempengaruhi orang dan/atau aktivitas yang berhubungan dengan tugas dari anggota-anggota kelompok. Ada beberapa poin yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu mampu mengarahkan, mengarahkan orang, mengontrol diri sendiri, memberikan instruksi yang efektif, dan mampu mengambil keputusan. Selain itu, pemimpin yang baik harus memiliki sifat sebagai pendengar yang baik, menghargai keberhasilan orang lain, mau belajar dan pantang menyerah. Sikap tersebut akan mengantarkan setiap pribadi menjadi pemimpin yang hebat.

Setelah semua materi tersampaikan, dilakukan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Jasmine selaku moderator. Kemudian, penyerahan sertifikat secara simbolis kepada pemateri dan dokumentasi yang dipandu oleh Sasti Maziya.

Pemaparan kedua disampaikan oleh M. Arif Ramadhan yang dimoderatori oleh Fabika Azahra mengenai manajemen organisasi. Disampaikan bahwa organisasi adalah perkumpulan kelompok orang yang bekerja sama dengan cara tersturuktur untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam berorganisasi harus ada manajemen yang baik. Fungsi dari manajemen itu sendiri sebagai Planning (perencanaan) , Organizing (pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan), Controlling (pengendalian). 

Selanjutnya dilakukan sesi breakout room, para mahasiswa baru ditugaskan membuat organisasi beserta visi misi dan program kerja untuk dibahas dan dipresentasikan di sesi akhir.

Setelah semua materi tersampaikan, dilakukan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Fabika selaku moderator. Pada sesi ini, para audiens sangat antuasias bertanya dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada pemateri dan dokumentasi yang dipandu oleh Sasti. Webinar ini diakhiri dengan games serta doa penutup oleh Akbar.

Diharapkan Webinar Kaderisasi Ini mempunyai banyak manfaat untuk bekal pengetahuan dan sharing pengalaman kepada mahasiswa Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, khususnya mahasiwa baru. Dengan kegiatan ini mahasiswa baru dapat lebih mengenal jurusan dan himpunannya. Serta tips dan trik yang disampaikan oleh pemateri dapat kita terapkan dan menginspirasi kita semua menjadi lebih baik, baik dalam akademik maupun organisasi. (AFT)