Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1443 H

“Mukjizat Rosulullah SAW sebagai Penguat Akidah Keimanan Umat Islam”

Jakarta. Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan kegiatan berlatar belakang religi yaitu Peringatan Hari Besar Islam dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad. Acara ini diselenggarakan oleh Departemen Kerohanian Islam dengan ketua pelaksana M. Akbar Rizki Fadhilah. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa aktif kimia 2018, 2019, 2020, dan 2021. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memotivasi para pemuda muslim khususnya mahasiswa kimia untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan sebagai ajang syiar Islam serta menjadi wadah untuk berkumpul, bersilaturahmi dan sharing hal-hal bermanfaat diantara sesama muslim.

Rangkaian kegiatan di acara Peringatan Hari Besar Islam ini diantaraya adalah lomba MTQ, lomba kaligrafi, dan lomba adzan yang diikuti oleh perwakilan seluruh kelas dari angkatan 2019 sampai 2021. Perlombaan dimulai tanggal 13 hingga 18 Oktober 2021.

Sedangkan pada Hari Sabtu, 23 Oktober 2021 acara dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan pembukaan yang disampaikan oleh Ilham Kurniawan dan Regina selaku Master of Ceremony (MC), kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana M. Akbar Rizki, dilanjut dengan sambutan presiden Himka Kak Riyan Ardhiansyah kemudian diikuti sambutan dari bapak Dr. La Ode Sumarlin, M.Si. selaku Kepala Program Studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Selanjutnya dilakukan pembacaan tawasul doa memulai khataman oleh M. Akbar Rizki dan dilanjut dengan kegiatan khataman Quran melalui Breakout Room yang diikuti oleh perwakilan setiap kelas pada 3 angkatan yaitu 2019, 2020, dan 2021. Pembacaan Quran dipimpin oleh penanggung jawab pada setiap Breakout Room dan dihadiri kurang lebih 15 mahasiswa kimia di setiap Room-nya. Pembacaan Quran dilakukan dengan membagi bacaan Quran 2 lembar setiap orangnya dan dibutuhkan waktu selama kurang lebih 35 menit.

Setelah khataman selesai dilaksanakan, peserta dikembalikan pada room utama untuk melanjutkan acara dengan pembacaan doa khatam Quran yang dipimpin oleh M. Akbar Rizki. Kemudian acara dilanjut dengan penyampaian kultum oleh Ahmad Jauhari dari mahasiswa Kimia Angkatan 2019 dengan tema yang dibawakan seputar Sirah Nabawiyah.

Acara selanjutnya yaitu pengumuman pemenang Lomba Adzan, lomba MTQ, dan Lomba Kaligrafi. Untuk Lomba Adzan Juara I diraih oleh Anggi Amirudin dari kelas 20C dan Juara II diraih oleh Januar Adrian dari kelas 21C. Untuk Lomba Kaligrafi Juara I diraih oleh Maulana Hasan dari kelas 21B dan Juara II diraih oleh Shayrilla Chairunnisa dari kelas 20B. Kemudian untuk Lomba MTQ Juara I diraih oleh Alhimni Rusydi dari kelas 21C dan Juara II diraih oleh Marhamatus Syifa dari kelas 20C.

Setelah itu diadakan games melalui aplikasi Quizziz dengan pertanyaan pertanyaan seputar kehidupan Nabi Muhammad Shalallahu’alayhi Wasallam. Selanjutnya dilakukan pembacaan doa oleh Anggi Amirudin dan diikuti penutupan oleh MC. Acara diakhiri dengan foto bersama. (HIMKA)