WEBINAR KADERISASI 2

Covalent : “Create the Innovative and Critical Leader in Organization”

Jakarta. Sabtu dan Minggu, 30 – 31 Oktober 2021, Departemen PSDM, Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka) menyelenggarakan Webinar Kaderisasi 2 yang bertemakan Covalent : “Create the Innovative and Critical Leader in Organization”, dimana webinar ini merupakan lanjutan dari Webinar Kaderisasi 1 yang sudah dilaksanakan sebelumnya dan diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru program studi Kimia angkatan 2021, Kepala Program Studi Jurusan Kimia, Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka), dan DEMA FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai dasar-dasar berorganisasi, teknik persidangan, teknik lobbying, memberikan solusi terhadap permasalahan di organisasi Himka, mempelajari sistem administrasi di dalam organisasi Himka, meleburkan semangat kekeluargaan demi terbentuknya ikatan kekeluargaan yang lebih erat dalam Himka, serta menguasai softskill untuk siap terjun dalam organisasi Himka.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Resta Adelia dari mahasiswa Kimia 2020 selaku Master of Ceremony (MC) pada webinar hari ini, dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh Nabilla Jafar Salim Al-Amri dari mahasiswa Kimia 2020, terakhir menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Himka.

Selanjutnya, sebelum masuk ke acara inti, terdapat sesi sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Pelaksana Webinar Kaderisasi 2 yaitu Sasti Maziya Zulfah. Lalu dilanjutkan sambutan kedua yang disampaikan oleh Dr. La Ode Sumarlin selaku Kepala Program Studi Kimia, M.Si dan sambutan yang terakhir disampaikan oleh Riyan Ardhiansyah selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka).

Memasuki inti acara, meskipun dilaksanakan secara daring penyampaian materi tetap berjalan kondusif dan tersampaikan dengan baik. Beberapa materi yang disampaikan untuk hari pertama diantaranya yaitu Teknik Persidangan, Teknik Lobbying dan Berpikir Kritis. Dan untuk di hari kedua yaitu Administrasi Kesekretariatan Himka dan Administrasi Kebendaharaan Himka.

Pada materi pertama mengenai Teknik Persidangan, disampaikan oleh Faizal Rachman selaku Ketua Komisi Pengawasan SEMA FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan dimoderatori oleh Anggina Rahma Putri dari mahasiswa Kimia 2019. Berikut adalah poin-poin penting yang dipaparkan oleh pemateri :

  • Secara umum, sidang merupakan proses pengambilan suatu keputusan oleh dua orang atau lebih secara musyawarah mufakat untuk menyelesaikan suatu masalah dengan syarat-syarat tertentu.
  • Perbedaan antara Teknik Persidangan di Organisasi dan Pemerintahan.
  • Jenis-jenis persidangan yaitu Sidang Pleno, Sidang Paripurna dan Sidang Komisi.

Selanjutnya dijelaskan mengenai istilah-istilah dalam sidang diantaranya yaitu skorsing, lobbying, intrupsi, voting, deadlock, dan peninjauan kembali. Adapun perangkat-perangkat sidang yang diperlukan antara lain pimpinan sidang, palu sidang, dan kalimat-kalimat dalam sidang. Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan simulasi teknik persidangan. Pada sesi ini, para peserta webinar sangat antusias untuk aktif bertanya dan mengikuti simulasi dengan baik.

Selanjutnya materi kedua mengenai Teknik Lobbying dan Berpikir Kritis yang disampaikan oleh Ribbialif Wiga Fathullah, S. Si yaitu Presiden DEMA FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Periode 2019 dan dimoderatori oleh La Viola Michelle Sampaleng dari mahasiswa Kimia 2020. Pada materi ini, berikut poin-poin yang dipaparkan oleh pemateri :

  • Berpikir Kritis adalah kemampuan untuk menganalisis fakta, mencetuskan gagasan, mempertahankan pendapat, membuat perbandingan, menarik kesimpulan, mengevaluasi argumen dan memecahkan masalah.
  • Terkait teknik lobbying, lobbying merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mempengaruhi orang lain atau menarik dan memperoleh tujuan tertentu sebagai bentuk proses bernegosiasi.
  • Negosiasi merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh dua atau lebih pihak untuk benegosiasi sehingga tercapai kesepakatan bersama dan memberikan keuntungan untuk pihak-pihak yang terlibat.

Selanjutnya dijelaskan juga mengenai strategi, ilustrasi, dan manfaat dari negosiasi. Terakhir dilakukan simulasi bernegosiasi dan lobbying yang diperankan oleh peserta webinar. Pada sesi ini peserta webinar antusias mengikuti dengan baik dan aktif untuk bertanya

Setelah sesi materi di hari pertama selesai, diadakan game session yang dipandu oleh Resta Adelia selaku MC. Pada sesi ini, para peserta webinar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam quizizz dan diharapkan dapat menghidupkan kembali semangat peserta Webinar Kaderisasi 2.

Setelah semua rangkaian acara selesai, MC menutup acara Webinar Kaderisasi 2 di hari pertama.

Hari kedua Webinar Kaderisasi 2, MC membuka acara dan dilanjutkan dengan pemaparan materi ketiga mengenai Administrasi Kesekretariatan Himka yang disampaikan oleh Risma Nur Fitria selaku Sekretaris I Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka) dan dimoderatori oleh Lidya Regita Cahyani dari mahasiswa Kimia 2020. Berikut adalah poin-poin penting yang dipaparkan oleh pemateri :

  • Administrasi merupakan penataan dan penertiban secara tertulis, serta ketentuan kegiatan-kegiatan dalam suatu organisasi.
  • Dalam administrasi kesekretariatan terbagi menjadi surat menyurat yaitu surat masuk dan surat keluar, lalu bagian-bagian yang terdapat dalam isi surat.
  • Isi atau bagian-bagian yang harus ada dalam Proposal Kegiatan dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ).
  • Media publikasi yang terdiri dari spanduk, sertifikat dan plakat.

Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pada sesi ini peserta webinar antusias untuk bertanya.

Selanjutnya yaitu materi keempat sekaligus materi terakhir mengenai Administrasi Kebendaharaan Himka yang disampaikan oleh Alfionita Octa Nur Zidni selaku Bendahara I Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka) dan dimoderatori oleh Mochammad Daffa Putra Hamidi  dari mahasiswa Kimia. Berikut adalah poin-poin penting yang dipaparkan oleh pemateri :

  • Tugas umum Bendahara adalah membuat pembukuan dan mengatur keuangan dalam organisasi dan kepanitiaan. Pembagian tugas bendahara terdiri dari bendahara penerimaan dan bendahara pengeluaran.
  • RAPBO berfungsi sebagai salah satu bahan pertimbangan ketika mengeluarkan anggaran, dilanjutkan dengan penyusunan anggaran dan standar laporan transaksi keuangan.
  • Perbedaan antara Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dan Surat Pertanggungjawaban Keuangan (SPJ) ke Himka dan Fakultas (Dana PAGU).
  • Mengenai rekapan penggunaan dana, rekap transaksi, rekap pajak yang terdiri dari PPN dan PPh, kwitansi induk, kwintansi pembayaran, kwitansi barang dan nota barang.

Setelah penyampaian materi selesai, pemateri memberikan tugas kepada peserta webinar kaderisasi 2, untuk dikumpulkan saat acara sudah selesai. Terakhir dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pada sesi ini peserta webinar antusias untuk bertanya.

Setelah sesi materi di hari kedua selesai, diadakan game session yang dipandu oleh MC yaitu Resta Adelia. Pada sesi ini para peserta webinar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam quizizz dan diharapkan dapat menghidupkan kembali semangat peserta webinar kaderisasi 2.

Setelah games session berakhir, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Lina Meilani dari mahasiswa Kimia 2019. Lalu dilanjutkan dengan sesi foto bersama oleh peserta webinar kaderisasi 2 dan seluruh panitia yang telah hadir. Kemudian, diakhiri dengan penyampaian terima kasih dan permohonan maaf yang diwakilkan oleh MC.

Demikianlah acara Webinar Kaderisasi 2 Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, semoga acara ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh mahasiswa baru Kimia 2021, agar siap terjun dalam sebuah organisasi dan berproses menjadi manusia yang lebih baik, baik akademik maupun organisasi. We are Chemistry, We are Family! (HIMKA)