Workshop Pengembangan Prodi Kimia

Peningkatan Kualitas Assesment Ujian, Tugas dan Kinerja Mahasiswa

Jakarta. Sebagai bagian pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, asesmen terhadap kemampuan mahasiswa menjadi komponen penting. Sebagai kelanjutan dari webinar yang diselenggarakan tanggal 17/02/2021 tentang “Implementasi Program Pembelajaran Berbasis Outcome menuju Peningkatan Mutu Pembelajaran”. Program studi kimia kembali melaksanakan webinar dengan tema “Peningkatan Kualitas Assesment Ujian, Tugas dan Kinerja Mahasiswa” pada hari Rabu (03/11/2021). Webinar ini terselenggara dengan mengusung semangat perbaikan yang berkelanjutan pada program studi kimia. Sebagai narasumber adalah Dr. Achmad Ridwan, M.Si. Acara dimoderatori oleh ketua program studi kimia, Dr. La Ode Sumarlin, M.Si dan diikuti oleh dosen program studi kimia dan perwakilan dekanat Fakultas Sains dan Teknologi. Acara dilaksanakan dengan skema online-offline blended.

Kegiatan dibuka oleh wakil dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Fahma Wijayanti, M.Si. pada pukul 09.00 WIB. Dalam sambutannya, apresiasi yang tinggi diberikan oleh FST kepada prodi kimia yang secara teratur melaksanakan kegiatan yang memberikan dampak signifikan pada pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Narasumber.

Narasumber menyampaikan materi tentang alat penilaian, evaluasi, rubrik, dan skema penandaan. Materi tersebut merupakan bagian dari 15 langkah untuk meningkatkan kualitas pendidikan menggunakan pendekatan OBE (Outcome-based education). Bentuk evaluasi yang baik berawal dari perumusan CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah). Dari CPMK inilah dapat ditentukan jenis kemampuan apa yang diharapkan ada pada mahasiswa.

Berangkat dari CPMK dilakukan pemilihan kata kerja yang sesuai untuk tiap komponen. Penentuan jenis soal dan tipe pertanyaan menjadi tahapan penting untuk membuat soal evaluasi. Hal ini digunakan agar pengukuran yang dilakukan tepat sasaran.

Setelah pemaparan materi dilakukan sesi diskusi interaktif dengan peserta webinar. Dilaksanakan juga review sampel soal yang telah dibuat oleh peserta. Diantara soal yang dibahas adalah soal kimia fisika dan kimia anorganik. Narasumber memberikan banyak masukan membangun yang sangat bermanfaat bagi peserta.

Webinar berakhir pada pukul 12.30 wib. Dari pelaksanaan webinar ini, diharapkan Assesment Ujian, Tugas dan Kinerja Mahasiswa menjadi lebih berkualitas. Kemampuan mahasiswa benar-benar terukur dan tepat sasaran. Sesuai dengan closing statement narasumber “the road to success is always under construction”, semangat continuous improvement dari prodi kimia perlu untuk selalu ditindak lanjuti. Salah satu bentuk tindak lanjut tersebut adalah dengan melaksanakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen di prodi kimia. (AFT)