Launching “The Writing Class” Prodi Kimia 2021

Jakarta. Sebagai bentuk tanggung jawab melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, Program Studi Kimia menyelenggarakan program pengembangan kualitas mahasiswa. Salah satu kemampuan mahasiswa yang ingin dipacu adalah keterampilan menulis, baik menulis ilmiah maupun populer. Upaya nyata program studi kimia salah satunya dilakukan dengan meluncurkan program dengan judul “The Writing Class“. Launching program ini diselenggarakan secara daring pada hari Rabu (08/12/21) pukul 09.00 WIB.

Kegiatan launching dihadiri oleh mentor, peserta pelatihan, perwakilan himpunan mahasiswa, dosen program studi kimia, dan wakil dekan bidang kemahasiswaan. Susunan acara kegiatan ini dimulai dari pembukaan, laporan kegiatan oleh prodi, sambutan dan arahan oleh wakil dekan, dan pembacaan doa. Dr. La Ode Sumarlin, M.Si, selaku ketua program studi kimia dalam laporan kegiatannya menyampaikan konsep the writing class yang dilaksanakan. Program ini dimentori oleh Dr. La Ode Sumarlin, M.Si; Ahmad Fathoni, M.Si; Yulyani Nur Azizah, M.Si; dan Agus Rimus Liandi, M.Si. Peserta pada kegiatan perdana berjumlah 12 orang mahasiswa. Pelaksanaan pelatihan diagendakan berlangsung selama 8 kali tatap muka membahas konsep secara teoritis dilanjutkan 2 bulan untuk praktek penulisan.

Pembukaan kegiatan the writing class secara resmi disampaikan oleh wakil dekan bidang kemahasiswaan Dr. Fahma Wijayanti, M.Si. Dalam pengarahannya menyampaikan apresiasi yang besar kepada penyelenggara. Harapannya, kedepan kegiatan nyata seperti yang telah diprogramkan prodi kimia dapat diadaptasi oleh prodi lain. Selain itu, konsep the writing class berpotensi untuk diaplikasikan lintas program studi, atau bahkan universitas.

Berbagai tanggapan positif dari dosen, himpunan, maupun peserta menunjukkan potensi yang besar dari kegiatan ini. Sebagai program perdana, kegiatan the writing class masih akan terus disempurnakan seiring berjalannya waktu. (AFT)