FIND YOUR CHEMISTRY: KIMIA LINGKUNGAN

Jakarta, Sabtu 19 Maret 2022. Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka) menyelenggarakan Kegiatan Find Your Chemistry bertemakan Kimia Lingkungan, Talkshow ini diselenggarakan perdana oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka) dan dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.  Kegiatan ini dihadiri oleh 120 peserta yang terdiri dari mahasiswa aktif program studi kimia, Kepala Program Studi Jurusan Kimia, Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka), dan Narasumber acara. Tujuan pelaksaannya adalah untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa agar lebih mengenal bidang-bidang peminatan kimia yang umum ditemukan di Kimia UIN Jakarta. Selain itu, untuk memberikan gambaran terkait riset, PKL dan implementasi kerja di bidang kimia kedepannya.

Kegiatan ini dipandu oleh Lutfiah Amalia Putri (Kimia 2020) dan Ragil Galih Saputro (Kimia 2021) selaku pembawa acara. Diakhir sesi pembukaan dilakukan promosi gerai himka, yang merupakan suatu e-commers yang mewadahi kreatifitas mahasiswa kimia dalam bidang kewirausahaan.

Sebelum masuk ke acara inti, terdapat sesi sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Pelaksana yaitu Dimas Iswan Ahmadi, dilanjut sambutan kedua oleh Rafi Naufaldi Haikal selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka) dan sambutan ketiga oleh Dr. La Ode Sumarlin M. Si, selaku Kepala Program Studi Kimia.

Pada acara inti, dua narasumber yang dihadirkan adalah Ihya Sulthonudin, M. Si, selaku dosen kimia lingkungan di Kimia UIN Jakarta dan Shohibul Fiqri, S.Si selaku alumni Kimia UIN Jakarta. meskipun dilaksanakan secara daring penyampaian materi berjalan kondusif dan tersampaikan dengan baik.

Pada sesi diskusi, MC menyampaikan pertanyaan tentang kimia lingkungan yang sebelumnya telah dikumpulkan melalui google form yang diisi oleh peserta. Pertanyaan tersebut mulai dari esensi kimia lingkungan, matakuliah apa saja yan relevan, tempat PKL yang sesuai, begaimana riset yang dijalani, hingga prospek kerja dibidang kimia lingkungan.  

Ada beberapa poin menarik yang disampaikan kedua narasumber. Bahwasanya kimia lingkungan merupakan bidang ilmu kimia yang mempelajari bagaimana kita peduli terhadap lingkungan sekitar. Dengan mempelajari kimia lingkungan, kita akan jauh lebih mengenal lingkungan kita dan dapat menjaganya. Selain itu, dalam hal riset pada dasarnya tidak ada riset yang baik dan buruk, yang ada hanya riset terbaik adalah riset yang dilakukan hingga selesai.

Selanjutnya, dilanjut pada sesi mitos dan fakta. di bagian ini MC menanyakan kepada kedua narasumber beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mahasiswa benar atau tidaknya hal tersebut. Kedua narasumber menjawab dengan interaktif, jawaban pada sesi ini bersifat opini sehingga jawaban dari kedua narasumber beberapa kali terdapat yang berlawanan pendapat. Hal ini menjadikan acara talkshow ini menarik, dengan hal tersebut mahasiswa dapat mengetahui dua sudut pandang berbeda. Sudut pandang pertama dari pak Ihya selaku dosen kimia lingkungan UIN Jakarta dan sudut pandang kedua dari kak Shohibul selaku alumni kimia UIN Jakarta.

Kemudian setelah acara talkshow dan mitos dan fakta, panitia memberikan kenang-kenangan kepada narasumber berupa sertifikat. Sertifikat ini diberikan secara simbolik sebagai bentuk terimakasih dan apresiasi panitia kepada narasumber.

Setelah itu, diadakan game session yang dipandu oleh MC Lufiah Amelia dan Ragil Galih Saputro. Pada sesi ini, para peserta talkshow menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam slide PPT dan bagi yang ingin menjawab bisa menggunakan piture raise hand yang ada di zoom. Diadakan games ini untuk menghidupkan kembali semangat peserta talkshow.

Setelah games selesai, didapatkan satu pemenang dan sekaligus diumumkan pemenang pertanyaan terbaik. Pertanyaan ini diambil dari link pendaftaran yang dibuat oleh panitia sebelum acaranya digelar.

Acara ini ditutup dengan sesi pembacaan do’a dan sesi foto bersama peserta Talkshow Kimia lingkungan dan seluruh panitia yang telah hadir. Pembacaan do’a ini dipimpin langsung oleh Anggi Amiruddin dari mahasiswa Kimia 2020. Acara pun selesai, mewakili seluruh panitia Lutfiah Amalia Putri dan Ragil Galih Saputro selaku pembawa acara menutup acara talkshow ini dengan penyampaian terimakasih atas partisipasi para peserta.

Demikianlah acara Talkshow Find Your Chemistry dengan tema Kimia Lingkungan. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh mahasiswa, agar lebih mengenal bidang-bidang kimia peminatan yang umum ditemukan di Kimia UIN Jakarta, dan untuk meningkatkan wawasan peserta terkait bidang-bidang Ilmu Kimia yang relavan terhadap riset dan implementasinya dikehidupan pekerjaan. We are Chemistry, We are Family! (HIMKA)