Kelas Riset Ke-6

Manajemen Riset dan Kebijakan Lulus Tepat Waktu

Jakarta, Program Studi Kimia menyelenggarakan kegiatan kelas riset ke-6 pada hari Kamis, 3 Maret 2022. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara rutin oleh program studi kimia. Tema yang diangkat adalah Manajemen Riset dan Kebijakan Lulus Tepat Waktu. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa aktif kimia yang akan dan sedang melaksanakan penelitian. Pemateri adalah Dr. La Ode Sumarlin, M.Si selaku ketua prodi kimia. Moderator kelas riset kimia ke-6 adalah Nurhasni, M.Si selaku sekretaris prodi kimia. Tujuan utama rangkaian kegiatan kelas riset ini adalah menghasilkan lulusan tepat waktu dengan tetap mengedepankan kualitas proses dan hasil penelitian.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, program studi kimia mensosialisasikan kebijakan pelaksanaan penelitian. Alur penelitian ini perlu dipahami oleh mahasiswa agar dalam pelaksanaan penelitiannya menjadi terstruktur dan tidak tumpang tindih. Hal ini dikarenakan diantara faktor penghambat kelulusan adalah adanya ketidak sesuaian urutan administrasi kelulusan.

Selain administrasi penelitian secara umum, program studi kimia juga membuat kebijakan program akselerasi bagi mahasiswa dengan syarat-syarat tertentu. Dengan adanya program akselerasi ini diharapkan dapat mengurangi rata-rata waktu kelulusan mahasiswa.

Bagian akhir kegiatan ini diisi dengan diskusi interaktif dengan mahasiswa. Kesempatan ini dimanfaatkan untuk mengonfirmasi kebijakan program studi dan mendiskusikan masalah teknis yang terjadi di lapangan. Pada akhirnya, kebijakan yang telah diambil oleh program studi kimia akan efektif jika tersosialisasikan dengan baik. Selain itu, semangat mahasiswa untuk menyelesaikan studinya perlu untuk dijaga secara berkala. (AFT)