Kuliah Tamu: “Sustainable polymers from renewable feedstock”

Jakarta, Sabtu 16 April 2022 telah diadakan Kuliah Tamu melalui virtual meeting zoom. Kuliah Tamu ini merupakan bagian dari pemantapan materi pada mata kuliah Sintesis Kimia Organik yang diampu oleh Agus Rimus Liandi, M.Si (Dosen Kimia UIN Jakarta). Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Sustainable polymers from renewable feedstock”. Adapun narasumber pada Kuliah Tamu ini adalah Lukmanul Hakim Samada M.Si yang merupakan mahasiswa Doktoral pada School of Chemistry, University of Birminghem, United Kingdom. Kegiatan ini dimoderatori langsung oleh Agus Rimus Liandi, M.Si selaku pengampu mata kuliah.

Kegiatan ini dimulai dari pembukaan dan sambutan oleh ketua program studi kimia, Dr. La Ode Sumarlin, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini yang merupakan variasi lain dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas serta mahasiswa mendapatkan informasi perkembangan riset secara global. Beliau juga berpesan agar hubungan kerjasama dengan pemateri bahkan afiliasinya tetap terjaga dengan baik. Dalam kesempatan ini, beberapa dosen kimia juga ikut berpartisiasi untuk menyemarakkan acara. Kegiatan juga dihadiri mahasiswa Kimia UIN Jakarta serta Mahasiswa Luar UIN Jakarta dengan total 60 peserta. 

Pada Kesempatan ini, pemateri memaparkan materinya tentang Sustainable polymers from renewable feedstock yang berfokus pada pemanfaatan sumber alam sebagai starting material dalam pengolahan polimer. Kita ketahui bahwa lebih dari seratus juta ton limbah plastik yang ditemukan di lautan maupun di daratan yang usianya lebih dari puluhan tahun. Limbah plastik tersebut sangat susah untuk terdegradasi oleh alam sehingga mejadi pencemar yang merugikan bagi Kesehatan alam dan makhluk hidup. Berangkat dari alasan tersebutlah saat ini marak dilakukan riset dan pengembangan dalam menciptakan polimer yang ramah lingkungan, mudah terurai yang bersumber dari bahan baku alami.

Dalam kegiatan ini pemateri juga menyampaikan tentang riset dan pengembangan yang sedang dilakukan di laboratorium tempat beliau menumpuh S3. Tim risetnya mencoba mengembangkan sistem ”Click polymerization” dalam mensintesis polimer dengan menggunakan nukleofil bebasis thiol-yne, amino-yne, and hydroxyl-yne. Penggunaan bahan-bahan ini memberikan kemudahan dalam sintesis dengan waktu yang cepat dan tanpa memerlukan energi yang besar. Hasil produk yang diharapkan adalah polimer yang dapat terdegradasi dengan mudah oleh alam serta menghasilkan produk degradasi yang tidak berbahaya bagi lingkungan.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dilalui dengan diskusi yang baik. Antusias peserta sangat baik dilihat dari banyaknya peserta atau mahasiswa yang bertanya mengenai seputar materi. Diskusi tanya jawab dilakukan sekitar 15 menit, hingga akhirnya ditutup pada pukul 15.40. Pada akhir agenda, penutupan dilakukan oleh Dede Sukandar, M.Si (Dosen kimia UIN Jakarta). (AFT)