STUDIUM GENERALE 2022

“Oil palm lignocellulosic biomass-based corrosion inhibitor: Potential and Opportunities”

Jakarta. Rabu tanggal 23 Maret 2022, Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan acara “Studium Generale 2022” dengan media Zoom Meeting. Acara ini bertemakan “Oil palm lignocellulosic biomass-based corrosion inhibitor: Potential and Opportunities” ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Kepala Program Studi Kimia, mahasiswa aktif kimia. Bertindak sebagai pembawa acara Agustina Vidiawati (Kimia 2020) dengan sambutan pembuka disampaikan oleh Ir. Nasrul Hakiem Ph.D (Dekan FST).

Acara inti dipandu oleh Dr. Meyliana Wulandari, M.Si selaku moderator dan Dr. Mohd Hazwan HUSSIN sebagai narasumber. Narasumber merupakan Associate Professor dan Deputi Direktur untuk Kreativitas dan Manajemen Riset Kantor Universitas Sains Malaysia (USM).

Materi yang disampaikan merupakan salah satu hasil penelitian Universitas Sains Malaysia (USM), yaitu penelitian tentang penghambat korosi berbasis biomassa lignoselulosa kelapa sawit. Dalam pemaparannya, narasumber menyampaikan peluang, potensi, kelebihan, kekurangan, dan proses pembuatan agen penghambat korosi. Selain itu narasumber juga memberikan informasi terkait Universitas Sains Malaysia. Informasi yang beliau berikan melingkupi sejarah, fasilitas, jajaran pengajar, program pendidikan, serta hasil penelitian dari universitas tersebut. Informasi ini dimaksudkan agar ke depannya dapat terjalin kerja sama antara UIN Jakarta dan USM.

Usai penyampaian materi oleh narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh moderator. Diskusi berlangsung interaktif, peserta webinar secara aktif antusias untuk bertanya. Hal ini dikarenakan topik yang disampaikan merupakan topik yang aplikatif dan potensinya masih terbuka luas.

Sebelum ditutup sesi diskusi, moderator menyerahkan sertifikat kepada narasumber secara simbolis sebagai ucapan terimakasih dan penghargaan bagi narasumber. Studium Generale 2022 ditutup dengan pembacaan doa oleh M. Akbar Rizki AL- Fadhillah (Kimia 2020), Selanjutnya pada penutupan acara dilakukan sesi foto bersama dan penyampaian terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. (AFT)