Kuliah Tamu: Product Development in Oil and Gas Industry

Jakarta, Sabtu 18 Juni 2022 telah dilakukan Kuliah Tamu pada Program studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Kuliah Tamu kali ini bertujuan untuk memberikan wawasan mahasiswa dalam integrasi ilmu kimia yang selama ini dipelajari pada perkuliahan dengan dunia industri pasca kuliah nantinya. Sesuai dengan tema yang diangkat yatiu Integrasi Ilmu Kimia dalam Industri “Product Development in Oil and Gas Industry”, menghadirkan langsung praktisi dari Pertamina, yaitu Dwi Febriantini, M.Si yang saat ini berprofesi sebagai peneliti di Research and Technology Innovation, PT Pertamina (Persero) dan dimoderatori oleh Agus Rimus Liandi, M.Si selaku dosen prodi kimia UIN Jakarta.

Kegiatan Kuliah Tamu dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh Isalmi Aziz, M.Si (Dosen program studi kimia). Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini serta berpesan kepada mahasiswa untuk menyerap ilmu-ilmu yang disampaikan mengenai implementasi ilmu kimia dalam dunia kerja nantinya. Dalam kegiatan ini, peserta terdiri dari mahasiswa kimia dan beberapa dosen kimia UIN Jakarta serta beberapa peserta umum.

Pada kegiatan ini, Bu Dwi atau yang akrab dipanggil dengan Mbak Ebi memaparkan materinya yang dimulai dari pengenalan Research and Technology Innovation, PT Pertamina (Persero) beserta dengan bidang-bidang yang terdapat di lembaga penelitian Pertamina tersebut. Selanjutnya, sesuai dengan tema Kuliah tamu, Mbak Ebi memaparkan materi tentang Product Development in Oil and Gas Industry yangdiawali dengan penjelasan pembentukan minyak bumi, sumber minyak bumi di Indonesia, senyawa dan produk turunan minyak bumi, sampai pada kegiatan riset dan bisnis yang dilakukan di Pertamina.

            Dalam penjelesannya, sangat banyak penerapan ilmu kimia yang ditemui dalam proses pengembangan produk turunan minyak bumi. Mulai dari proses pemisahan tahap awal, sampai pada pembentukan produk turunan minya bumi tidak lepas reaksi-reaksi yang telah dipelajari selama diperkuliahan. Mahasiswa mendapat gambaran langsung dari penerapan ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah. Mbak Ebi juga berpesan agar ilmu-ilmu yang dipelajari selama perkuliahan jangan dilupakan karena akan sangat berguna nantinya.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 10.00 WIB ini berjalan dengan lancer. Beberapa mahasiswa yang tertarik dengan materi dan riset tentang minyak bumi dan senyawa turunannya diberi kesempatan untuk berdiskusi langsung dan diberikan feedback oleh pemateri. Kegiatan ini selesai pada pukul 11.30 WIB yang ditutup oleh Dede Sukandar, M.Si (Dosen program studi kimia). Beliau menyampaikan agar akan ada Kuliah Tamu lainnya yang akan menambah wawasan mahasiswa dalam ilmu kimia dan terapannya. (ARL)