EKSPOSE DATA MONITORING & EVALUASI DATA TRIDHARMA PRODI KIMIA

“Kualitas dan Produktifitas Kolaborasi untuk Pengembangan Program Studi Kimia”

Jakarta. Program Studi Kimia melaksanakan pertemuan daring pada hari Selasa (19/07/2022) dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Pertemuan berlangsung menjelang akhir tahun akademik 2021-2022 dan akan dimulainya tahun akademik 2022-2023. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan tahap dua (16/06/2021) dan dirancang untuk dilaksakan secara berkelanjutan.

Sebagai pemateri adalah Dr La Ode Sumarlin, M.Si (Kaprodi kimia) dan dimoderatori oleh Nurhasni, M.Si (Sekretaris prodi) kimia. Acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Fahma Wijayanti, M.Si (Wakil Dekan III FST) dan dilanjutkan sesi penyampaian aspirasi oleh perwakilan mahasiswa kimia.

Aspirasi mahasiswa langsung ditanggapi oleh wakil dekan 3, kaprodi kimia, dan sekprodi kimia. Diantara aspirasi yang menjadi diskusi adalah prosedur pelaksanaan tugas akhir dan teknis perkuliahan. Dengan adanya penyampaian aspirasi ini, mahasiswa dan prodi dapat saling bertukar pandangan dari sudut pandang masing-masing.

Pada sesi berikutnya disampaikan ekspose data monitoring program studi kimia. Semua kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan bertolak pada visi dan misi program studi kimia. Setiap kegiatan dan kebijakan akan mengikuti pola penetapan standar, pelaksanaan standar, evaluasi, pengendalian (perbaikan) standar, dan peningkatan standar. Kegiatan ekspose data monitoring ini merupakan tahap evaluasi yang dilakukan setiap akhir tahun akademik.

Diantara data evaluasi yang disampaikan adalah data evaluasi sarana dan prasarana, pembimbingan akademik, dan tugas akhir mahasiswa. Dari data evaluasi tersebut prodi menyusun langkah perbaikan di tahun akademik berikutnya. Salah satu agenda program studi berdasarkan evaluasi adalah untuk mendorong mahasiswa lulus tepat waktu.

Untuk mencapai tujuan bersama, demi kemajuan program studi dan lulusan yang berkualitas, setiap program yang dicanangkan membutuhkan kerjasama dari semua pihak. Dengan adanya kerja sama dan komunikasi yang baik antar civitas akademika program studi kimia, diharapkan visi misi program studi dapat tercapai. (AFT)