TALKSHOW FIND YOUR CHEMISTRY: “KIMIA ORGANIK”

Jakarta, Sabtu 23 Juli 2022. Departemen Litbang Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka) menyelenggarakan Talkshow Find Your Chemistry yang bertemakan “Kimia Organik”. Talkshow ini merupakan talkshow pertama, dan kegiatannya tidak kalah menarik dari talkshow beberapa bulan lalu dengan meriah melalui aplikasi Zoom Meeting. 

Talkshow ini dihadiri oleh 135 participant yang terdiri dari Mahasiswa/i aktif program studi kimia, Kepala Program Studi Kimia, Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka), dan Narasumber acara. Talkshow ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa agar lebih mengenal bidang-bidang peminatan kimia yang umum ditemukan di Kimia UIN Jakarta. Selain itu, diadakannya acara ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait riset, PKL dan implementasi kerja di bidang kimia kedepannya.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Ilham Kurniawan mahasiswa aktif Kimia 2020 dan Selah mahasiswi aktif Kimia 2021 selaku pembawa acara pada talkshow ini. Diakhir-akhir sesi pembukaan dilakukan promosi Gerai Himka, yang merupakan suatu e-commerce yang mewadahi kreatifitas Mahasiswa/i kimia dalam bidang berwirausaha.

Sebelum masuk ke acara inti, terdapat sesi sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Pelaksana Talkshow Find Your Chemistry yaitu Serly Nuraini, dilanjut sambutan kedua disampaikan oleh Mochammad Daffa Putra Hamidi selaku Wakil Ketua Himpuna Mahasiswa Kimia (Himka) dan sambutan ketiga disampaikan oleh Bapak Dr. La Ode Sumarlin, M. Si, selaku Kepala Program Studi Kimia dan Bapak Dr. La Ode Sumarlin, M. Si berhalangan untuk hadir.

Selanjutnya memasuki acara inti, meskipun dilaksanakan secara daring penyampain materi tetap berjalan kondusif dan tersampaikan dengan baik oleh 2 narasumber yaitu Bapak Agus Rimus Liandi, M. Si, selaku dosen Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Kak Hafizh Satrio Budiadji, S.Si selaku alumni Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara talkshow ini memberikan banyak manfaat. Dengan dilakukannya talkshow (interaksi tanya jawab) materi dapat ditangkap dengan mudah oleh peserta acara. MC membacakan pertanyaan tentang kimia organik, pertanyaan ini dari peserta yang berantusias bertanya melalui question box instagram Himka yang disebarkan sebelum acara talkshow. Pertanyaan tersebut mulai dari apa itu kimia organik, mata kuliah apa saja yang relevan, tempat PKL yang sesuai, bagaimana riset yang dijalani, hingga prospek kerja dibidang kimia organik.

Beberapa hal yang sangat fundamental dari jawaban kedua narasumber bahwa kimia organik merupakan suatu prinsip studi yang berkaitan dengan senyawa-senyawa karbon dan hidrokarbon. Kimia organik masih memiliki cabang ilmu dari ilmu kimia mengenai struktur, sifat, komposisi, reaksi dan sintesis senyawa organik. Untuk penelitian turunan dari kimia organik sangat banyak seperti kimia bahan alam, pangan fungsional, dsb. Di UIN sendiri saat ini masih minim yang melakukan penelitian kimia organik, ujar Pak Agus. Namun beliau menambahkan, bahwasanya hal ini menjadi tantangan baginya untuk merubah pola pikir Mahasiswa/i kimia UIN Jakarta agar menyukai bidang kimia organik dan berharap kedepannya Mahasiswa/i dapat mengeksplor dirinya untuk melakukan penelitian kimia organik. Berkaitan dengan penelitian Kak Hafizh selaku alumni pun menambahkan, “Pada dasarnya penelitian kimia organik ini sangat penuh tantangan dan tetap dijalani.” Selain menantang penelitiannya, ternyata di kimia organik pun sangat tinggi prospek tempat PKL dan pekerjaannya. Mulai dari instansi pertanian, peternakan hingga penelitian membutuhkan tenaga ahli yang menguasai kimia organik.

Selanjutnya, dilanjut pada sesi mitos dan fakta. Pada bagian ini MC menanyakan kepada kedua narasumber beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh Mahasiswa/i benar atau tidaknya hal tersebut. Kedua narasumber menjawab dengan interaktif, jawaban pada sesi ini bersifat opini sehingga jawaban dari kedua narasumber beberapa kali terdapat yang berlawanan pendapat. Hal ini menjadikan acara talkshow ini menarik, dengan hal tersebut mahasiswa dapat mengetahui dua sudut pandang berbeda. Sudut pandang pertama dari Bapak Agus selaku dosen kimia organik UIN Jakarta dan sudut pandang kedua dari Kak Hafizh selaku alumni kimia UIN Jakarta.

Kemudian setelah acara talkshow dan mitos dan fakta, terdapat sesi tanya jawab. Pertanyaan yang diajukan berupa pertanyaan dari para peserta yang telah ditampung oleh panitia berasal dari question box instagram Himka sebelum acara berlangsung.

Sesi tanya jawab telah selesai, panitia memberikan kenang-kenangan kepada narasumber berupa sertifikat. Sertifikat ini diberikan secara simbolik sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi panitia kepada narasumber.

Setelah itu, diadakan game session yang dipandu oleh MC Ilham Kurniawan dan Selah. Pada sesi ini, para peserta talkshow menjawab Teka Teki Silang (TTS) yang di mulai dengan raise hand bagi peserta yang ingin menjawab lalu memilih nomor kotak yang masih kosong. Pertanyaan akan diberikan oleh moderator, jika benar mendapatkan 10 point dan jika salah dapat dilempar ke peserta berikutnya. Selain itu, games ini memiliki soal bonus dimana peserta akan mendapatkan 15 point secara cuma – cuma di nomor tertentu. Diadakan games ini untuk menghidupkan kembali semangat peserta talkshow.

Setelah games selesai, pengumuman peserta games terbaik. Hasil ini diperoleh dari point terbanyak yang di dapatkan oleh peserta yang menjawab dengan soal benar dan soal bonus.

Acara ini ditutup dengan sesi pembacaan do’a dan sesi foto bersama peserta Talkshow Kimia organik dan seluruh panitia yang telah hadir. Pembacaan do’a ini dipimpin langsung oleh Maulana Hasan Al Ghifari mahasiswa Kimia 2021. Acara pun selesai, mewakili seluruh panitia Ilham Kurniawan dan Selah selaku pembawa acara menutup acara talkshow ini dengan penyampaian terima kasih dan permohonan maaf.

Demikianlah acara Talkshow Find Your Chemistry dengan tema “Kimia Organik”. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh Mahasiswa/i, agar lebih mengenal bidang-bidang kimia peminatan yang umum ditemukan di Kimia UIN Jakarta, dan untuk meningkatkan wawasan peserta terkait bidang-bidang Ilmu Kimia yang relavan terhadap riset dan implementasinya dikehidupan pekerjaan. We are Chemistry, We are Family! (HIMKA 2022)