Kelas Riset Ke-7

Manajemen Riset untuk Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Kimia

Jakarta. Program Studi Kimia kembali menyelenggarakan kegiatan kelas riset pada hari Jumat, 5 Agustus 2022. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara rutin oleh program studi kimia dan telah memasuki seri ke-7. Tema yang disampaikan adalah mengenai manajemen riset untuk meningkatkan kualitas mahasiswa kimia.  Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa aktif kimia yang akan dan sedang melaksanakan penelitian. Pemateri adalah Dr. La Ode Sumarlin, M.Si selaku ketua prodi kimia. Moderator kelas riset kimia ke-6 adalah Nurhasni, M.Si selaku sekretaris prodi kimia. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya agar mahasiswa mendapatkan pelayanan dengan kualitas terbaik.

Kebijakan dan skema pelaksanaan penelitian di prodi kimia disusun sedemikian rupa agar dapat memacu mahasiswa untuk lulus tepat waktu tanpa mengurangi kualitas lulusan. Salah satu kebijakan yang diambil dan mulai dilaksanakan untuk angkatan 2019 adalah program akselerasi. Program akselerasi ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah menginjak semester 6 dengan syarat tertentu. Dengan adanya program akselerasi, mahasiswa dapat dengan segera memulai rangkaian penelitiannya.

Kesuksesan kebijakan program studi bergantung pada banyak pihak. Pembimbing akademik yang terus memacu semangat mahasiswa bimbingan, pembimbing penelitian yang aktif melakukan penjaringan terhadap mahasiswam dan terutama mahasiswa sebagai target dari program akselerasi.

Semangat untuk perbaikan yang berkelanjutan dari program studi perlu dukungan dan partisipasi dari semua civitas akademika prodi kimia. Dengan diadakannya kelas riset dan program yang lainnya diharapkan dapat memupuk semangat untuk menjadi lebih baik. (AFT)