Konsinyering Akreditasi: Self assesment dan penyiapan akreditasi LAMSAMA menuju Prodi Kimia yang unggul

Jakarta. Rabu (03/08/22). Program studi kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan kegiatan konsinyering akreditasi dengan tema “Self assesment dan penyiapan akreditasi LAMSAMA menuju Prodi Kimia yang unggul”. Kegiatan ini dilaksanakan secara blended (luring-daring) dengan menghadirkan Prof. Dr. Muktiningsih. N., M.Si (Anggota dewan eksekutif Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA).

Peserta kegiatan berasal dari dosen dan mahasiswa program studi kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jajaran dekanat Fakultas Sains dan Teknologi, Lembaga Penjaminan Mutu UIN Jakarta, UIN Alaudin Makasar, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan beberapa kampus PTKIN.

Acara dipandu oleh Dr. La Ode Sumarlin, M.Si dan dibuka oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Jakarta. Dalam sambutannya, dekan FST mengapresiasi kegiatan ini karena sangat esensial dalam menunjang peningkatan kualitas pendidikan tinggi, khususnya yang berada di dalam naungan PTKIN.

Sebagai pengantar acara inti, Dr La Ode Sumarlin, M.SI menyampaikan data yang dimiliki oleh program studi kimia UIN Jakarta. Selain itu, disampaikan juga langkah dan kebijakan yang diambil prodi kimia dalam mengatasi beberapa masalah yang ditemukan.

Narasumber dalam pemaparannya menyampaikan instrumentasi yang diperlukan dalam pengajuan akreditasi melalui lamsama. Lebih lanjut lagi, diberikan juga gambaran mengenai perbandingan pola akreditasi dari beberapa lembaga akreditasi. Secara detail, data yang dimiliki oleh program studi kimia digunakan sebagai sampel untuk dianalisis bersama.

Kegiatan kolaborasi seperti ini sangat diperlukan, terutama dengan adanya konsep kampus merdeka. Perbaikan kualitas masing-masing program studi menjadi penting untuk semua pihak. (AFT)