Chemistry In Village (CIV) 2022

“Mengabdi dengan Aksi, Bergerak dengan Hati”

Bogor. Departemen Sosial Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta telah menyelenggarakan kegitan Chemistry In Village (CIV), yang secara rutin diselenggarakan dan menjadi wujud nyata dalam menerapkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. CIV 2022 ini bekerja sama dengan 12 media partner yaitu Mading Event, Ikahimki, Info Kampus, Event Nasional, Info Lomba Nasional, Infokupedia, Infokampusku, Webinar Indonesia, Info Event Nasional, Banten AZ, Tangerang News, UIN Community, serta 3 perusahaan sponsorship yaitu PT. Cerdas Digital Nusantara, PT. Vitapharm, dan INISABLON SCREEN PRINTING. Acara ini dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Kimia angkatan 2020 yang diketuai oleh La Viola Michelle Sampaleng. CIV tahun ini diselenggarakan selama 5 hari, yaitu pada tanggal 15 sampai 19 Agustus 2022 dengan tema “Mengabdi dengan Aksi, Bergerak dengan Hati” di Kampung Anggereman RT. 01-02/RW 10, Desa Kertajaya, Kec. Rumpin, Kab. Bogor, Jawa Barat 16350.

Hari pertama yaitu tanggal 15 Agustus, diawali dengan pemberangkatan panitia ke Kampung Anggereman, Bogor. Dilanjutkan dengan kerja bakti membersihkan Majelis dan MIS Mathla’ul Anwar yang menjadi pusat tempat kegiatan CIV.

Di hari kedua yaitu tanggal 16 Agustus, diawali dengan pembukaan CIV (Chemistry In Village) 2022 yang bertempat di Majelis Mathla’ul Anwar. Pembukaan ini juga dihadiri oleh dosen-dosen dari Program Studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan tokoh-tokoh masyarakat dari Kampung Anggereman, Bogor. Dalam pembukaan terdapat sesi penyampaian mengenai kegiatan CIV kepada warga Kampung Anggereman, Bogor oleh Ketua Pelaksana, selanjutnya pembacaan Al-Quran oleh Marhamatus Syifa Shalihah. Lalu dilanjutkan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana CIV yaitu La Viola Michelle Sampaleng, Ketua Program Studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yaitu Bapak Dr. La Ode Sumarlin M.Si, BPD dari Desa Kertajaya yaitu Bapak Abdul Kodir dan terakhir dari ketua yayasan Majelis Mathla’ul Anwar yaitu Ibu Endeh. Pembukaan CIV diakhiri dengan pembacaan doa oleh Ahmad Fadhil.

Acara dilanjutkan dengan penyuluhan yaitu mengenai pangan halal dengan pemateri Bapak Dr. Sandra Hermanto, M.Si, beliau menjelaskan mengenai tata cara agar sebuah produk mendapatkan sertifikat halal. Setelah itu, dilanjutkan mengenai kebun TOGA Kertajaya dengan pemateri Ibu Hendrawati, M.Si, beliau menjelaskan mengenai tanaman yang termasuk kedalam TOGA (Tanaman Obat dan Kosmetik Keluarga) yang bermanfaat untuk pengobatan sehari-hari dan kosmetik bahan alam, seperti lidah buaya, kumis kucing, mahkota dewa, sirih merah, jahe merah, daun kelor, dan daun bidara. Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu pengajian Majelis Mathla’ul Anwar, yang sebelumnya mengikuti acara pembukaan CIV.

Di waktu yang sama terdapat acara belajar mengajar yang bertempat di MIS dan PAUD Mathla’ul Anwar. Kelas 1-3 yang terdiri dari 46 Siswa/i membahas materi mengenai literasi dan kelas 4-6 yang terdiri dari 14 siswa/i membahas materi mengenai PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup). Sedangkan, kegiatan yang terdapat di PAUD Mathla’ul Anwar dimana terdiri dari 10 Siswa/i adalah mewarnai dan bermain musik xilofon. Dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar sesuai minat dan bakat, terdiri dari kelas tari berjumlah 29 Siswi, musik berjumlah 3 Siswa, taekwondo berjumlah 16 Siswa/i, dan silat berjumlah 14 Siswa.

Selanjutnya setelah shalat dzuhur, acara dilanjutkan dengan kegiatan CFE (Chemistry For Everyone) yaitu praktikum sederhana membuat pestisida nabati dari puntung rokok. Pestisida yang dihasilkan dibawa oleh ibu-ibu yang mengikuti praktikum. Dilanjutkan dengan pembagian kupon sembako yang didata berdasarkan kartu keluarga warga Kampung Anggereman, Bogor. Pendataan kartu keluarga ini menggunakan sistem yaitu warga yang datang ke panitia untuk menyerahkan kartu keluarganya. Jadi, sebagian besar menyerahkan pada saat akan mengikuti kegiatan CFE. Setelah itu, dilakukan kegiatan mengaji bagi anak-anak Kampung Anggereman, Bogor yang bertempat di Majelis Mathla’ul Anwar. Terdapat 26 anak yang mengikuti pengajian tersebut.

Kegiatan terakhir di hari kedua CIV adalah membuat kerajinan tangan dari bungkus kopi bersama warga Kampung Anggereman, Bogor. Dimana kerajinan tangan tersebut akan dijadikan tas dan hasilnya dibawa oleh 9 orang warga Kampung Anggereman, Bogor yang mengikuti kegiatan tersebut.

Hari ketiga yaitu 17 Agustus, bertepatan dengan 77 tahun Indonesia merdeka. Seluruh panitia dan warga Kampung Anggereman, Bogor melaksanakan upacara 17 Agustus di depan halaman MIS Mathla’ul Anwar sekitar jam 08.00 WIB pagi. Upacara dipimpin oleh Dias Andrian Novalino, dengan pembina upacara yaitu Bapak Muchsin sebagai kepala sekolah dari MIS Mathla’ul Anwar. Upacara berjalan dengan lancar dan khidmat.

Setelah melaksanakan upacara 17 Agustus, dilanjutkan dengan kegiatan kerja bakti yaitu membersihkan lingkungan sekitar Kampung Anggereman, Bogor. Di waktu yang sama, terdapat kegiatan pendaftaran check up kesehatan yang dilakukan secara door to door, dikarenakan prioritas dari check up kesehatan ini adalah lansia.

Di malam harinya, terdapat kegiatan kebun TOGA Kertajaya, yaitu demonstrasi menanam bibit yang benar dari TOGA (Tanaman Obat dan Kosmetik Keluarga). Kegiatan ini diikuti oleh 13 orang warga Kampung Anggereman, Bogor. Hasil dari menanam bibit TOGA dibawa oleh warga ke rumah masing-masing. Diakhir kegiatan terdapat pemberian hadiah dari sponsor kegiatan CIV yaitu Viva Face Powder dari PT. Vitapharm.

Hari keempat yaitu tanggal 18 Agustus, diawali dengan diadakannya kegiatan CFK (Chemistry For Kids), kegiatan ini bekerjasama dengan LMC (Laboratory Management of Chemistry) sebuah organisasi intra lab di prodi kimia. Kegiatan ini berupa praktikum mini, sederhana, dan aman yang dipraktikan kepada Siswa/i MIS Mathla’ul Anwar. Praktikumnya terdiri dari penjernihan air menggunakan vitamin c, meniup balon menggunakan botol, dan membuat lava gunung merapi buatan. Setiap siswa atau siswi yang berani mencoba praktikum tersebut, akan mendapatkan hadiah dari panitia berupa snack dan alat tulis seperti pulpen dan pensil.

Setelah kegiatan CFK selesai, dilanjutkan dengan kegitan lomba 17 Agustus dengan peserta masih dari siswa-siswi MIS Mathla’ul Anwar. Cabang lomba yang diadakan yaitu lomba balap kelereng, lomba makan kerupuk, lomba cerdas cermat, lomba estafet air, lomba balap karung, dan lomba joget kursi yang pesertanya dari ibu-ibu warga Kampung Anggereman, Bogor. Setiap perlombaan mempunyai peraturan dan penanggung jawab dari panitia. Pemenang dari masing-masing perlombaan akan diumumkan pada hari kelima yaitu hari Jumat.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan check up kesehatan. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 48 orang warga Kampung Anggereman, Bogor yang sebelumnya sudah mendaftar pada tanggal 17 Agustus. Check up kesehatan yang disediakan oleh panitia adalah gula darah dan asam urat. Kegiatan ini bekerjasama dengan KSR PMI Unit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk memeriksa langsung setiap warga. Perwakilan dari KSR PMI Unit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang hadir pada saat kegiatan check up kesehatan terdiri dari 2 orang. Beberapa warga yang sudah mengikuti check up kesehatan diberi hadiah dari sponsor kegiatan CIV yaitu Viva Face Powder dari PT. Vitapharm.

Kegiatan terakhir ditanggal 18 Agustus adalah mengaji bagi anak-anak Kampung Anggereman, Bogor. Terdapat 25 orang anak yang mengikuti pengajian tersebut.

Hari kelima yaitu tanggal 19 Agustus, hari tersebut adalah hari penutupan kegiatan CIV 2022, seluruh panitia dan warga Kampung Anggereman, Bogor berkumpul di MIS Mathla’ul Anwar untuk menghadiri acara penutupan kegiatan CIV 2022. Sebelum acara penutupan dimulai, terdapat pengumuman pemenang lomba 17 Agustus, yang perlombaannya telah dilaksanakan dihari sebelumnya. Isi hadiah pemenang lomba kategori anak-anak terdiri dari kipas, buku tulis,

pulpen, pensil, rautan pensil, dan penggaris. Sedangkan, untuk kategori dewasa isi hadiahnya terdiri dari gelas, gayung, keranjang kamar mandi, centong nasi, spatula, dan baskom.

Selanjutnya memasuki acara penutupan kegiatan CIV 2022. Acara tersebut diawali dengan pembacaan Al-Quran oleh Rika Indriani, lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, yaitu diantaranya sambutan dari ketua pelaksana, ketua BPD Desa Kertajaya, dan kepala dusun. Setelah itu, penyampaian kesan dan pesan dari panitia yang diwakili oleh Dias Andrian Novalino, Bapak Muchsin selaku kepala sekolah MIS Mathla’ul Anwar, dan Ibu Endeh selaku tokoh masyarakat. Kemudian, dilakukan pemberian plakat dan penyerahan sertifikat sebagai tanda ucapan terima kasih yang diwakili oleh Bapak Wawan Wahyudi selaku kepala dusun, pemberian bantuan sembako yang diwakili oleh Bapak Abdul Kodir selaku BPD Desa Kertajaya, penyerahan buku mata pelajaran yang diwakili oleh Bapak Muchsin selaku kepala sekolah MIS Mathla’ul Anwar, serta penyerahan bahan renovasi majelis yang diwakili oleh Ibu Endeh selaku tokoh masyarakat. Acara selanjutnya yaitu pembacaan doa oleh Ilham Kurniawan. Dan terakhir foto bersama panitia dengan warga Kampung Anggereman, Bogor.

Setelah acara penutupan kegiatan CIV 2022 selesai, dilanjutkan dengan pembagian bantuan sembako kepada warga Kampung Anggereman, Bogor yang sebelumnya sudah mempunyai kupon pada tanggal 16 Agustus. Bantuan ini diberikan kepada 127 kartu keluarga. Isi dari bantuan ini adalah beras, mie, dan minyak goreng.

Selanjutnya, pemberian pemenuhan fasilitas sekaligus renovasi Majelis dan MIS Mathla’ul Anwar. Untuk Majelis Mathla’ul Anwar, bantuan yang diberikan berupa 2 buah pintu, 2 set gorden, cat beserta perlengkapan catnya, 1 unit closet, 5 dus keramik kamar mandi, 2 set kunci pintu, 3 dus engsel, 2 lembar triplek, 4 lembar asbes, mukena, sajadah, Al-Quran, 1 set rak Al- Quran, dan alat kebersihan. Sementara untuk MIS Mathla’ul Anwar, bantuan yang diberikan berupa buku mata pelajaran, 39 dus keramik putih, 10 sak semen, dan 2 buah papan tulis.

Sisa seluruh dana dari kegiatan CIV 2022 sebesar Rp. 2.582.467 (dua juta lima ratus delapan puluh dua ribu empat ratus enam puluh tujuh rupiah) telah didonasikan pada hari Rabu, 31 Agustus 2022 untuk bantuan kesehatan dan melalui Kitabisa.com yang mencakup kepada kepedulian terhadap lingkungan, hewan, dan yayasan atau kegiatan sosial kemasyarakatan.

Demikian seluruh rangkaian acara kegiatan CIV (Chemistry In Village) 2022, kami mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh panitia CIV 2022, dosen-dosen Program Studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, para donatur, media partner, dan sponsorship yang sudah berkontribusi dan mendukung acara ini hingga dapat berjalan dengan sangat baik. Semoga niat tulus dan baik kalian akan menjadi berkah dan pahala yang berlipat ganda, Aamiin.

CIV 2022 “Mengabdi dengan Aksi, Bergerak dengan Hati”.

(HIMKA; AFT)