Training of Trainer Data Sains untuk Dosen Saintek Uin Jakarta

Jakarta, 26 Oktober 2022. Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan Data Academy menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) Data Sains. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari, Senin-Rabu, 24-26 Oktober 2022 dengan durasi 8 Jam setiap hari. Selama 3 hari, bertempat di Laboratorium Komputer Pusat laboratorium Terpadu dan Ruang Sidang Utama Saintek UIN Jakarta.  Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah dosen perwakilan dari beberapa Program Studi di lingkungan Saintek UIN Jakarta yaitu Kimia (5 orang), Biologi (5 orang), Matematika (4 orang), Fisika (5 orang), Agribisnis (3 orang), dan Pertambangan (1 orang). Acara yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang administrasi Umum Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Nani Radiastuti, M. Si, yang sekaligus sebagai peserta. Beliau atas nama Dekan, menyambut baik kegiatan ini sebagai suatu upaya untuk meningkatkan Skill para dosen terutama bidang Data Sains dan sekaligus menunjang tugas-tugas para dosen sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Selama 3 hari, materi diberikan oleh Tim Data Academy yang mengutus Trainernya Mr. Yunan Ahmad Fauzi,S.Kom., MMSI.,CIDSF.,CISDV. Beliau mengisi materi sekaligus praktik pengolahan dan visualisasi data yang dibagi dalam beberapa sesi. Beberapa materi yang dipelajari antara lain  Introduction Data Visualization Concepts and Tools, Connecting to Data, Simplifying and Sorting Your Data, Organizing your Data, Slicing Your Data by Date, Using, Multiple Measures in a View, Showing the Relationship Between Numerical Values, Mapping, Data Geographically, Viewing Specific Values, Customizing Your Data with Basic Calculations, Analyzing Data with Quick Table Calculations, Showing Breakdowns of the Whole, Highlighting Data with Reference Lines, dan Making Your Views Available.

Pada kesempatan ini, di hari ke-3 sesi akhir dilaksanakan ujian kompetensiCertified International Specialist Data Visualization (CISDV) secara online yang berakhir dengan lulusnya beberapa peserta ToT dengan standar skor minimal 70%. Dalam pelatihan ini menggunakan Tableau sebagai alat visualisasi data yang merupakan salah satu alat visualisasi data yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan sebagai alat untuk menganalisis data dan merepresentasikan data dalam bentuk visual dan populer di dunia bisnis.

Semua peserta cukup antusias dalam mengikuti serangakaian kegiatan dari Hari Pertama sampai Hari ke Tiga, terbukti jumlah peserta sebagai besar mengikutinya secara penuh.  Semoga semangat ini tetap terus berlanjut melalui implementasi hasil pelatihan dalam mengembangkan bidang masing-masing. Penyelenggara mengucapkan terimakasih pada semua peserta yang telah berkontribusi penuh dalam acara ini dan para Trainer Data Academy yang sangat kompeten memberikan ilmunya pada Dosen-Dosen Saintek UIN Jakarta. (LOS)