GREAT TRAINING VIDEO FESTIVAL (GRAF) 2022 Kolaborasi HIMKA & HIMATIKA

Jakarta, Sabtu 5 November 2022. Departemen Kominfo Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka) berkolaborasi dengan Departemen Median Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta telah melaksanakan kegiatan pelatihan Video Editing.   Pelatihan termasuk dalam program kerja yang dikenal dengan  Great Training Video Festival (GRAF).  Harapannya, melalui kegiatan ini akan memberikan pengetahuan mengenai tahapan dan teknik pembuatan video serta pengaplikasiannya.  Selain itu, dapat membuka wawasan ke masyarakat luas bahwa seorang video editor memiliki peran yang sama penting seperti desainer, dan dapat melatih hard skill video editing yang sangat amat dibutuhkan di setiap perusahaan di era perkembangan media sosial dan digital saat ini.

Untuk meningkatkan jangkauan kegiatan ini, maka pelaksanaannya secara offline dan online. Kegiatan offline berlangsung di Ruang Teater lt. 4 Fakultas Sains dan Teknologi, sedangkan partisipan online berlangsung secara live streaming di YouTube. Kegiatan ini dihadiri oleh 67 peserta secara offline dan 329 viewers secara online yang berasal dari khalayak umum. 

Pembukaan acara dilakukan dengan baik oleh pembawa acara, Salwa Nabila Hanum (mahasiswi aktif Kimia 2021) dan Alvinhugo Zuhdi Nurharyadi (mahasiswa aktif Matematika 2021).   Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FST yang dipandu oleh Fairuzsava Firyal Faza (mahasiswi aktif Kimia 2020), pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Rifaldi Achmad Faisal (mahasiswa aktif Matematika 2021).

Sesi sambutan-sambutan diisi oleh beberapa kalangan yaitu Ketua Pelaksana, Dina Rizky Triani; Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Bapak Ir. Nashrul Hakiem, S.Si., M.T., Ph.D.; dan Ketua Program Studi Kimia, Bapak Dr. La Ode Sumarlin, M.Si.

Sementara itu, acara inti berupa pemaparan materi dibawakan oleh narasumber dari Shifter.media yang dipandu oleh Agustina Vidiawati (mahasiswi aktif Kimia 2020) sebagai moderator.  Pada sesi inti ini diulas berbagai hal yang berkenaan dengan pengetahuan video editing seperti pengenalan singkat mengenai pengeditan video, aplikasi-aplikasi yang sering dan mudah digunakan, serta beberapa tools yang sering digunakan selama proses kegiatan mengedit video.  Selain itu, dijelaskan pula secara singkat langkah-langkah dasar penyuntingan video, pengetahuan director film dan teknik pengambilan video yang berkaitan dengan proses mengedit video, bahkan pemateri juga membagikan tips dan trik dalam melakukan pengeditan video agar hasilnya lebih indah dan memuaskan.

Kegiatan makin menemukan esensinya ketika narasumber, selain memaparkan teeori umum juga dilanjutkan dengan praktek secara langsung cara mengedit sebuah video menggunakan aplikasi Capcut. Hal ini dilakukan melalui proses pembimbingan langsung oleh para narasumber dan timnya.  Acara inti ini berakhir setelah proses tanya jawab yang diikuti cukup antusias oleh para peserta.  Setelah itu panitia secara simbolik, memberikan kenang-kenangan kepada narasumber berupa sertifikat dan plakat sebagai apresiasi  kepada narasumber.

Untuk meningkatkan kehikmatan acara, Anggi Amirudddin Al Wahid (mahasiswa akif Kimia 2021) membacakan do’a dan ditutup dengan sesi foto bersama.

Tak lupa untuk menyemarakan kelanjutan dari kegiatan ini ternyata akan dilanjutkan dengan  perlombaan terkait pembuatan video yang akan dimulai dari tanggal 7 November 2022 dan pengumuman pemenang pada tanggal 3 Desember 2022. Pada perlombaan ini, peserta membuat video sesuai tema yang ditentukan dengan durasi video minimal 1 menit dan  maksimal 3 menit dalam posisi kamera portrait. Karya yang dikirimkan tidak mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan, politik, dan tidak melanggar hukum/aturan yang berlaku. Pengumpulan karya video diunggah ke Instagram pribadi dengan format Instagram Reels. Hadiah perlombaan cukup menarik karena disediakan Rp. 500.000,- untuk tiga orang pemenang.   Pada akhirnya, semoga acara ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kedua Himpunan Mahasiswa (Kimia dan Matematika) dan dapat memberikan kontribusi langsung khususnya pada aktivitas kemahasiswaan berikutnya. (HIMKA).