Profile Program Studi

Sejarah Singkat

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) – UIN Jakarta terbentuk tahun 2002. Sejarah FST UIN Jakarta tidak bisa dilepaskan dari sejarah UIN Jakarta secara keseluruhan. Perjalanan sejarah UIN Jakarta merupakan cermin dari perjuangan umat Islam Indonesia yang tak kenal lelah untuk memiliki sebuah lembaga pendidikan tinggi yang mampu menghasilkan intelektual yang profesional dan bermoral, dimulai dari berdirinya Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) pada tanggal 1 Juni 1957 sampai periode 1960, sebagai fakultas dari IAIN Al-Jami’ah yang berpusat di Yogyakarta (1960-1963) dan sebagai IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari tahun 1963 sampai resmi menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 31 Tahun 2002, 20 Mei 2002.

Program Studi Kimia yang berada dibawah Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, berdiri pada tanggal 22 November 2001 berdasarkan pada SK MENDIKNAS/088796/MPN/2001. Penyelenggaraan pendidikan dimulai untuk tahun ajar 2002/2003 sesuai dengan SK Ijin Operasional Nomor DJ.II/216/2002 tanggal 11 Juli 2002. Sejak 2010, Program Studi Kimia telah terakreditasi B oleh BAN-PT.

Program Studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bertujuan untuk mengembangkan ilmu kimia sebagai suatu disiplin nilai-nilai ilmu yang berdiri sendiri juga diintegrasikan dengan keislaman. Lulusan program studi ini nantinya diharapkan dapat mendalami dan mengem-bangkan serta memberikan layanan tentang kimia kepada masyarakat secara profesional, berkualitas, dan berakhlak Islami.

Mata kuliah yang ditawarkan program studi ini adalah: Studi Islam, Bahas Arab, Bahasa Inggris, Civic Education,Kimia Dasar, Kimia Organik Dasar, Biologi Dasar, Metode Statistik, Ilmu Ilmu Sosial Dasar,Fisika Dasar, Struktur Senyawa Organik, Kinetika Kimia, Analisa Instrumen, Kimia Lingkungan, Kalkulus, Kimia Medisinal, Biokimia Nutrisi, Proses Industri Kimia,Kimia Minyak Bumi, Metodologi Penelitian, Kimia Inti, Geokimia, dan Azas Teknik Kimia.

V i s i

”Menjadi Program Studi Kimia yang unggul secara regional, nasional maupun internasional yang mampu mengimplementasikan ilmu kimia dengan kaidah keislaman, dan ke-Indonesiaan”

M i s i

Melaksanakan tridarma pertuguruan tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat) yang terdiri dari:

Mengembangkan sistem pendidikan melalui penerapan kurikulum berbasis KKNI sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Memperluas dan mengembangkan kerjasama penelitian dengan berbagai lembaga nasional, regional dan internasional sesuai dengan kaidah keilmuan, etika keislaman dan ke-Indonesiaan.

Memberikan kontribusi yang signifikan melalui aplikasi Ilmu Kimia untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.